Akibat Digigit Tikus, Ini Masalah yang Sering Terjadi Pada Motor Matic

Muhammad Farhan - Selasa, 28 Juli 2020 | 21:40 WIB

Ilustrasi kabel side stand switch di motor matic (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Akibat dijadikan sarang dan ada komponen yang digigit tikus, ini masalah yang sering terjadi pada motor matic.

Terjadi tanpa disadari setelah motor terparkir lama di rumah, masalah biasanya muncul pada saat motor ingin kembali dipakai.

Jangan panik dulu, berikut ini adalah beberapa kasus sepele yang ternyata disebabkan oleh gigitan hewan pengerat tersebut.

“Kebanyakan masalahnya motor mati total tidak bisa dihidupkan atau hanya ada lampu yang mati padahal semua normal saat dicek,” ungkap Adi Prasodjo, kepala bengkel Yamaha Dinamika Motor, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Apa Kelebihannya Rumah Kopling Kaki Lima Yang Banyak Dijual?

Untuk kasus motor bisa dikontak on namun tidak bisa dihidupkan, kemungkinan asalnya dari kabel side stand switch di standar samping yang putus atau bermasalah.

Dalam kondisi normal, fitur pengaman ini berfungsi memutus sistem pengapian dan membuat mesin motor mati pada saat standar diturunkan.

Indra
kabel stop lamp disambung kembali setelah digigit tikus

“Pada saat kondisi kabel putus, motor dijamin tidak akan bisa menyala karena ECU mengira standar masih diturunkan,” lengkapnya.

Selain kabel side stand switch, tikus juga biasanya mengigit kabel kelistrikan lain seperti kabel fuel pump atau hanya sekedar lampu rem.

Baca Juga: Benang Layangan Masuk Ke As Roda Motor? Bersihkannya Gampang!