Isi Ban Mobil dengan Nitrogen dari Kompresor, Begini Penjelasannya

Radityo Herdianto - Sabtu, 13 Juni 2020 | 11:00 WIB

Oh, Rupanya Ini Efek yang Bakal Terjadi pada Mobil Ketika Isi Ban Pakai Gas Nitrogen (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Sebagian pemilik mobil beranggapan bahwa pengisian tekanan angin nitrogen yang murni adalah menggunakan tabung khusus.

Lalu bagaimana dengan tempat pengisian ban mobil dengan Nitrogen yang menggunakan kompresor?

Apa benar gas nitrogen yang dihasilkan mesin kompresor enggak murni?

"Bisa iya, bisa tidak, tergantung alat kompresor yang digunakan tempat pengisian tekanan angin ban tersebut," tekan Willy, pemilik bengkel spesialis Radja Basa, Lampung Selatan kepada GridOto.com.

Menurut Willy, udara sekitar mengandung nitrogen 80 persen, dimana sisanya ada 18 persen oksigen dan 2 persen gas lain-lain yang bisa diisap oleh alat kompresor.

motor plus
pengisian tabung nitrogen

Baca Juga: Street Manners: Waspada Bahaya Gejala Microsleep Saat Mengemudi

"Tapi kompresor yang dipakai harus punya nitro generator, dimana dia hanya akan mengisap kandungan nitrogen dan membuang kadar oksigen dan uap air," tutur Willy.

Selanjutnya, Willy mengklaim kompresor angin biasa bisa menghasilkan nitrogen murni jika sudah menggunakan mekanisme oiless (tanpa oli).

"Alat kompresor biasa yang masih pakai oli bisa tercampur dan merusak kandungan nitrogen yang dihisap sehingga angin yang dikeluarkan sudah tidak murni nitrogen," terang Willy.

Kandungan murni nitrogen dari alat kompresor biasa juga bisa dipengaruhi dari kualitas udara sekitar terhadap polusi.

"Semakin besar polusi udara sekitar kompresor semakin jelek juga kualitas nitrogen yang dihasilkan karena senyawa polusi udara juga ikut terisap dan tidak terpilah nitro generator," ujar Willy.