Hadapi New Normal, Gojek Siapkan Empat Jurus Ini untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Naufal Shafly - Kamis, 11 Juni 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi driver ojek online Gojek (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Menghadapi masa new normal, Gojek sebagai salah satu penyedia layanan transportasi memiliki empat 'jurus' guna mencegah penyebaran Covid-19 bagi mitra dan pelanggannya.

Pertama, Gojek akan aktif mengecek suhu tubuh mitranya, yang nantinya informasi mengenai suhu tubuh tersebut bisa dilihat konsumen lewat aplikasi Gojek.

"Kami punya status suhu tubuh dan kebersihan kendaraan mitra driver yang tersedia di aplikasi Gojek. Jadi pertama saat konsumen mau melakukan order Go-ride, Go-car, Go-food, atau servis lainnya, di profil driver kita bisa lihat apakah driver sudah dicek suhunya. Apakah kendaraan sudah didisinfeksi sebelumnya. Harapannya akan memberikan rasa aman bagi konsumen," ucap SVP Transport Marketing Gojek, Monita Moerdani dalam konferensi virtual, Rabu (10/6/2020).

Kedua, Gojek akan menyediakan titik pencegahan Covid-19 yang tersebar di tempat-tempat strategis.

Baca Juga: Di Era New Normal, Gojek Sarankan Driver dan Penumpang Saling Cancel Bila Terjadi Hal Ini

Lewat titik pencegahan Covid-19 ini, Gojek akan melakukan beberapa langkah komprehensif untuk mencegah penyebaran Covid-19, misalnya pengecekan suhu tubuh, penyemprotan cairan disinfektan, pembatasan antrean dan lain-lain.

"Jadi sebelum konsumen naik goride atau gocar, kami akan mengecek suhu penumpang, kami akan membagikan masker bagi penumpang yang belum memakai masker. Kemudian kami juga bagikan hand sanitizer, kami juga mewajibkan physical distancing saat mengantre," ucap Monita.

Ketiga, Gojek akan mewajibkan penggunaan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan sarung tangan untuk driver Go-ride.

Jika salah satunya tidak menggunakan APD, Monita menyebut kedua belah pihak berhak membatalkan pesanan dan melakukan laporan ke Gojek.

Baca Juga: Masih Diuji Coba, Nantinya Semua Driver Gojek akan Pakai Sekat Partisi

Langkah keempat, Gojek telah mendirikan 130 Posko Aman Gojek, yang telah tersebar di 16 kota utama Indonesia.

"Itu adalah hak kami untuk melakukan berbagai macam protokol kesehatan bagi mitra driver. Jadi, di sana kami melakukan cek suhu tubuh untuk driver, kami melakukan disinfeksi kendaraan, lalu di sana kami juga mendistribusikan berbagai macam paket kesehatan untuk driver, yang isinya ada masker, vitamin, dan hand sanitizer," imbuhnya.

Lewat langkah-langkah ini, Gojek mengklaim menjadi perusahaan on demand pertama yang menyediakan posko aman dengan jumlah terbanyak di Indonesia.

"Kami juga layanan on demand pertama yang punya fitur untuk menunjukkan status suhu tubuh dan kebersihan kendaraan di aplikasi. Sekarang kami seminggu aja sudah ada elbih dari 400.000 driver yang datang, dan itu meningkat terus," tutupnya.