Desain Partisi untuk Ojol Dianggap Kurang Aman, GARDA Indonesia: Kami Terima Masukan untuk Desain Ulang

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 30 Mei 2020 | 20:45 WIB

Desain partisi untuk ojek online dianggap kurang memperhatikan safety, GARDA Indonesia siap terima masukan untuk desain ulang. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Beberapa asosiasi kendaraan roda dua tengah menyiapkan partisi sebagai salah satu alat yang dapat membantu rider ojek online menghadapi fase “New Normal” 

Salah satunya adalah Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia atau bisa disebut Garda Indonesia.

“Iya, kami sedang siapkan partisi dari papan fiber yang lebih ringan dan lebih fleksibel dari akrilik, sehingga lebih portable dan nyaman untuk dipakai,” ujar Igun Wicaksono, selaku Ketua Presidium GARDA Indonesia kepada GridOto.com (30/5/2020).

Namun, desain partisi ojol yang saat ini banyak beredar masih menuai kritik, terutama dari aspek safety atau keselamatan.

Baca Juga: Partisi Buat Ojek Online Dianggap Enggak Safety, Malah Bahayakan Penumpang

Maklum, dengan bentuk persegi panjang yang dimensinya lebih besar dari rider, partisi tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu laju dan keseimbangan motor saat dikendarai.

Igun tidak menampik kritik tersebut, dan mengaku bahwa pihaknya sedang dalam tahap pengetesan untuk meminimalisir efek partisi tersebut.

Instagram.com/@igunwicaksono
Partisi yang disiapkan asosiasi ojel online, Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA)

“Kami sedang dalam tahap pengetesan, seperti apa hambatan angin yang dirasakan rider di hingga kecepatan 50 sampai 80 Km/jam,” bukanya.

Oleh karena itu, hasil pengetesan tersebut akan menjadi patokan juga jika memang harus redesign atau mendesain ulang.