Siapa Sangka, Inilah Bagian Eksterior Mobil yang Paling Mudah Dirawat

Radityo Herdianto - Jumat, 29 Mei 2020 | 08:00 WIB

Ilustrasi. Lis Karet di Pinggir Kaca Sunroof (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Mobil sering terparkir lama, perawatan eksterior mobil jangan sampai diabaikan untuk menjaga tampilannya.

Meski tidak terlihat baik-baik saja, paparan cuaca, sinar matahari, serta kotoran yang dibiarkan menempel bisa menjadi masalah baru di eksterior mobil.

Dari bagian-bagian eksterior mobil yang ada, tidak disangka satu bagian ini ternyata malah paling mudah dirawat.

"Karet-karet eksterior seperti karet kaca jendela atau karet bodi mobil itu paling gampang dirawat," ujar Arief Hidayat, CEO Wealthy Group dalam acara #Ngovi "Perawatan Mobil Selama PSBB" kepada GridOto.com (8/5).

Menurut Arief, material karet eksterior yang rentan mengalami getas karena paparan panas dan cuaca ternyata tidak memerlukan treatment khusus.

procarreviews.com
Ilustrasi memoles kaca mobil dengan glass polish

Baca Juga: Cek Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Bagian Ini Wajib Diperhatikan

"Cukup dibersihkan pakai sampo mobil dan air bersih, lalu usap pakai silicone spray supaya karet tetap kenyal dan fungsinya bekerja baik," terang Arief.

Berbeda dengan bagian lain seperti perawatan mobil yang memerlukan beberapa tahapan perawatan untuk menjaga keawetannya.

"Kalau sudah baret harus dilakukan poles pakai alat, kemudian treatment kembali pakai coating untuk proteksi cat mobil," tutur Arief.

Sama juga dengan kaca mobil yang kerap kali muncul bercak jamur atau baret dari bekas sekaan wiper yang membuatnya terlihat menjadi buram.

"Treatment-nya lebih khusus lagi karena harus dipoles pakai cairan glass compound supaya lapisan antiglare permukaan kaca tidak hilang," tekan Arief.