Salah Kaprah Busa Banyak Bikin Cat Mobil Makin Kinclong, Ini Faktanya

Radityo Herdianto - Senin, 25 Mei 2020 | 14:00 WIB

Ilustrasi. Cuci Mobil dengan Busa Banyak (Radityo Herdianto - )

GridOto.com Cuci mobil rasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan sampo atau sabun untuk merontokkan kotoran.

Masih banyak pemilik mobil cenderung senang dengan busa dari sampo atau sabun yang banyak busa dengan maksud cat mobil terlihat lebih kinclong.

Inilah salah kaprah yang kerap kali terjadi saat cuci mobil dengan busa banyak bisa bikin cat mobil semakin kinclong, karena fakta mengatakan hal berbeda. 

"Semakin banyak busa yang dihasilkan sampo atau sabun, semakin tinggi juga kandungan NaCl yang dimiliki," ungkap Arief Hidayat, selaku CEO Wealthy Group kepada GridOto.com dalam acara #Ngovi tentang "Perawatan Mobil selama PSBB" (8/5).

Lanjut Arief, senyawa kimia NaCl alias natrium klorida punya efek negatif terhadap cat mobil karena memiliki sifat asam yang korosif.

Dylan Andika/Gridoto.com
Mencuci mobil di car wash dengan hidrolik

Baca Juga: Apa Benar Bahan Carbon Fiber Bisa Menahan Suhu Panas? Ini Faktanya

"Busa yang banyak itu lama-lama bisa mengikis lapisan coating, warna cat mobil jadi lebih mudah kusam," tekan Arief.

Hal ini bisa terjadi karena paparan sinar ultraviolet (UV) matahari dan cuaca menyebabkan proses oksidasi secara langsung di lapisan dasar cat mobilt tanpa proteksi dari lapisan coating.

"Di sisi lain NaCl terus mengikis sampai ke lapisan dasar cat mobil sehingga warna kusam lebih cepat," terang Arief.

Arief menyarankan untuk mencuci mobil menggunakan sampo mobil khusus yang memiliki sifat pH netral aman untuk cat mobil.

"Cairan sampo mobil khusus juga kalau kita lihat busanya sedikit, karena memang khusus untuk melindungi cat mobil," tegas Arief.