Ini Bedanya Carbon Fiber Dengan Kevlar yang Harus Kamu Pahami

Radityo Herdianto - Minggu, 24 Mei 2020 | 15:00 WIB

Ilustrasi Serat Carbon Fiber (Radityo Herdianto - )

GridOto.com Carbon kevlar merupakan istilah atau sebutan yang kita kenal pada bagian panel atau part mobil yang diganti dengan bahan carbon.

Istilah carbon kevlar sendiri sebenarnya keliru karena carbon dan kevlar merupakan dua unsur materi yang berbeda, bukan satu unsur.

Supaya paham dan tidak keliru, ini bedanya carbon fiber dengan kevlar yang kamu harus ketahui.

"Unsur kimia yang digunakan berbeda, carbon fiber pakai unsur carbon, kevlar atau aslinya aramid fiber pakai unsur sintetis aramid," buka Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Beda unsur kimia utama yang digunakan juga membedakan fisik dan karakter antara carbon fiber dengan kevlar jika dilihat kasat mata.

bodyarmornews.com
Ilustrasi Serat Kevlar Fiber

Baca Juga: Sering Keliru! Bukan Carbon Kevlar, Ini Nama Sebutannya yang Benar

"Carbon fiber jelas warnanya hitam atau abu-abu pekat, kalau kevlar warna sebenarnya itu kuning keemasan," terang Christopher.

Lanjut Christopher, carbon fiber punya karakter yang kuat dan kaku dengan bentuk yang bisa dibuat lebih tipis dan ringan, tetapi bisa hancur menjadi kepingan kecil saat terkena benturan keras.

"Biasanya carbon fiber dipakai untuk motorsport karena mengejar bobot namun tidak mengurangi kekuatan material," ujar Christopher.

Berbeda dengan kevlar yang punya karakter alot bila terkena benturan keras hanya retak, juga punya fungsi sebagai isolator yang bisa menahan panas.

"Kevlar sering digunakan untuk rompi antipeluru atau bahan utama bodi pesawat karena bisa menahan panas dan impact bersamaan," tutur Christopher.