Daihatsu Donasikan Xenia untuk Digunakan Sebagai Kendaraan Siaga Covid-19 di Yogyakarta

Wisnu Andebar - Senin, 11 Mei 2020 | 21:05 WIB

Ilustrasi. Daihatsu Grand New Xenia 1.5 R Deluxe (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mendonasikan satu unit Xenia kepada Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jawa Tengah.

Bentuk kepedulian ini berawal dari UGM yang berinisiatif mengajak Daihatsu dalam pengadaan sebuah kendaraan keliling.

Tujuannya untuk membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) atau lebih dikenal dengan istilah swab test.

Daihatsu Xenia tersebut nantinya akan dimodifikasi oleh UGM menjadi mobil siaga Covid-19.

Baca Juga: Meski GIIAS 2020 Jadwalnya Mundur, Daihatsu dan Toyota Pastikan Bakal Ikut

Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affairs Division Head ADM mengatakan, donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid-19.

Menurutnya, upaya ini sejalan dengan salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yaitu Sehat Bersama Daihatsu.

"Mobil siaga Covid-19 ini nantinya akan membantu masyarakat untuk pengecekan swab test, tentunya dengan tetap menjaga keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan," ujar Haryanto dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Senin (11/5/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada saat pengambilan sampel nantinya tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar.

Baca Juga: Ada Kompetisi Digital untuk Klub Mobil Daihatsu, Hadiahnya Uang Tunai Jutaan Rupiah, Tapi Ini Syaratnya