Koleksi Diecast Mobil Enggak Cuma Sekedar Hobi, Ternyata Bisa Jadi Investasi Juga Lho

Laili Rizqiani - Minggu, 10 Mei 2020 | 14:51 WIB

Dicky Wahyu, seorang kolektor diecast asal Bandung yang juga membuat koleksinya sebagai investasi (Laili Rizqiani - )

GridOto.com - Mengoleksi diecast tidak hanya sekedar hobi, tetapi beberapa kolektor mainan model tersebut melakukannya untuk berinvestasi.

Para kolektor diecast akan menjual koleksinya di kemudian hari dengan harga yang lebih mahal dibanding saat membelinya.

Seperti yang dilakukan Andi Mukhlis, seorang kolektor diecast yang mengaku pernah menjual diecast merek Tomica dengan harga Rp. 300.000, padahal ia membelinya dengan hanya Rp. 12.000.

Ia mengatakan harga diecast bisa naik karena sudah masuk dalam kategori langka.

Baca Juga: Fiat 500 Versi LEGO, Bisa Jadi Pelengkap Koleksi Miniatur Mobil Klasik Kalian

"Kalau yang belinya lupa lagi sih. Lumayan banyak konsumen saya di seluruh Indonesia, malahan sampai ke luar negeri," kata Andi seperti yang dikutip dari TribunJabar.id.

Andi bukan satu-satunya kolektor yang menjadikan diecast koleksinya sebagai investasi. Hal yang sama juga dilakukan oleh Dicky Wahyu, ia mengaku bahkan bisa membiayai anaknya sekolah dengan berjualan diecast.

Dicky bercerita ia pernah menjual diecast bemo merek Tomica yang dibelinya pada tahun 1990-an seharga ribuan, siapa sangka diecast bemo itu bisa laku Rp. 900.000.

Baca Juga: Batch Baru Diecast Mobil James Bond Bisa Buat Koleksi. Segini Harganya Sob

"Sayangnya, kotak kemasan bemo itu hilang. Kalau kotaknya masih ada, bemonya bisa dijual seharga Rp 1,5 juta. Bemo Tomica cukup melegenda, yang di tenda belakangnya ada tulisan 'Bajaj'," ujar Dicky yang pernah menjadi ketua Bandung Diecast Collectors.

Hingga saat ini, Dicky masih aktif untuk mengoleksi dan menjual diecastnya melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, forum atau marketplace.

"Sekarang yang jualan semakin banyak. Saya sendiri jualnnya tidak sesering dulu," kata Dicky.

Pria yang mulai mengoleksi diecast sejak tahun 2004 itu juga mengatakan tidak semua diecast bernilai tinggi.

Baca Juga: Kece Nih! Serunya Bikin Diorama Hot Wheels, Cuma Butuh Sepuluh Menit

Menurutnya, bergabung dengan komunitas sangat diperlukan untuk mendapatkan informasi mengenai jenis diecast yang bisa di jual dan menguntungkan.

Gimana, sob? Tertarik untuk mulai mengoleksi diecast?

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Bukan Sekadar Koleksi, Diecast Mobil Bisa Jadi Investasi Hingga untuk Biayai Anak Sekolah,