Mau Mudik Lewat Gerbang Tol Kalikangkung Semarang? Siap-siap Diminta Putar Balik

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 28 April 2020 | 10:08 WIB

Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang disekat dan dijaga petugas gabungan untuk halau pemudik, Senin (27/04/2020). (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Petugas gabungan menerapkan penyekatan di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Senin (27/04/2020).

Langkah penyekatan itu didasarkan atas aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang diterapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mulai Senin (27/04/2020).

Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang Batang (JMSB), Arie Irianto mengatakan, petugas gabungan sudah disiagakan di GT Kalikangkung dan bertugas untuk memutarbalikkan arah kendaraan yang akan masuk maupun keluar.

Baca Juga: Lebaran Masih Bulan Depan, Polda Jabar Sudah Bikin 4.000 Lebih Pemudik Putar Arah dari Jalur Utara Maupun Selatan

"Pemudik yang datang dari arah barat Jakarta kami pantau. Karena PKM telah diberlakukan di Semarang, sehingga kendaraan pribadi yang lewat GT Kalikangkung kami minta putar balik," ujar Arie, Senin (27/04/2020) dilansir dari Tribunbanyumas.com.

Arie menekankan, proses pengadangan oleh para petugas akan dilakukan secara berkala.

Menurut Arie, sampai saat ini arus kendaraan pemudik yang masuk GT Kalikangkung, Semarang dikatakan mengalami penururan drastis.

Pihaknya menyebutkan, jumlah kendaraan yang masuk ruas Tol Semarang-Batang mengalami pengurangan hingga 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Sudah Dilarang Mudik Masih Ngeyel, Polda Jatim Bikin Ribuan Kendaraan di Perbatasan Jawa Timur Balik Kandang

"Dahulu mencapai puluhan ribu unit, kini rata-rata mentok belasan ribu. Kondisi arus lalu lintas terutama pemudik yang masuk ruas GT Kalikangkung turun 40 persen," ungkap Arie.

Artikel ini telah tayang di Tribunbanyumas.com dengan judul Halau Pemudik, GT Kalikangkung Semarang Mulai Dijaga Petugas Gabungan