Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Semua Distop, Ini Rute Damri yang Masih Beroperasi di Saat Berlakunya Larangan Mudik

Gayuh Satriyo Wibowo - Senin, 27 April 2020 | 17:25 WIB
Ilustrasi bus Damri
Kompas.com / Yana Gabriella Wijaya
Ilustrasi bus Damri

GridOto.com - Menyusul adanya larangan mudik terkait pandemi Covid-19 yang disampaikan melalui Permenhub Nomor 25 tahun 2020, membuat Perusahaan Umum (Perum) Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) melakukan penyesuaian.

Mereka menghentikan pengoperasian pelayanan untuk sejumlah rute, baik antarkota antarprovinsi (AKAP) hingga antarkota dalam provinsi (AKDP).

Seperti trayek dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta dan trayek AKAP dengan tujuan Purwokerto, Wonosobo, dan Bogor.

Meski begitu, dilansir dari Kontan.co.id, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan DAMRI, Nico R. Saputra, mengatakan tak semua trayeknya dihentikan.

"DAMRI memiliki layanan perintis dan AKDP untuk area Bogor yang masih beroperasi, yakni dengan rute Leuwiliang-Pongkor, Leuwiliang Cikidang, Leuwiliang-Banyuresmi Jasinga-Parung Panjang, hingga Pelabuhan Ratu-Cikidang," ujar Nico dalam siaran pers, Minggu (26/4).

Baca Juga: Asyik! Bus Trayek Mojokerto ke Bandara Juanda Akan Segera Diluncurkan, Segini Tarifnya

Selain itu, ada juga angkutan dari dan menuju bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dan KSPN Yogyakarta, area Lampung (AKDP dan 8 trayek Perintis) yang masih beroperasi normal.

Ada juga layanan AKDP Bandung dengan rute Jalur II (Lewipanjang-Ladang), Jalur VI Via Tol (Elang-Jatinangor), Jalur VIII (KB Kelapa-Tanjungsari), dan Jalur IX (Lewipanjang-Cicaheum) yang juga masih berjalan.

"Untuk area Ponorogo yakni Trayek Solo–Jakarta berhenti beroperasi tetapi Ponorogo–Jambi tetap beroperasi, selain itu, Trayek Perintis masih beroperasi kecuali Ponorogo–Tulungagung," kata Nico.

Nico menambahkan untuk area Medan Trayek Bandara Kualanamu, KSPN, Perintis, AKDP, dan bus pariwisata masih beroperasi normal.

Sementara untuk area Papua, untuk Area Jayapura dan Nabire terdapat pembatasan operasional hingga pukul 14.00 WIT.

Trayek bandara di seluruh area Papua tidak beroperasi serta trayek AKDP Cabang Jayapura–Serui–Sorong Selatan–Sorong tidak beroperasi.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Ada Larangan Mudik, Ini Rute Damri yang Masih Beroperasi"

Editor : Dida Argadea
Sumber : Kontan.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa