Pemda DIY Siap Perketat Penjagaan di Perbatasan, Bakal Tutup Dua Jalur Alternatif

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 22 April 2020 | 21:05 WIB

Pemda DIY berencana tutup dua akses jalan alternatif menuju wilayahnya dan perketat penjagaan perbatasan. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Pemerintah daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) berencana untuk menutup dua akses jalur alternatif menuju wilayahnya.

Hal tersebut dilakukan agar seluruh kendaraan menggunakan jalur utama saat menuju DIY.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Tavip Agus Rayanto mengatakan, ruas jalan yang akan ditutup ada di wilayah Sleman dan Kuloprogo.

Penutupan jalur ini diharapkan mempermudah pemeriksaan pada tiga posko yang berada di Prambanan, Tempel dan Congot.

Baca Juga: Yogyakarta Perketat Antisipasi Covid-19, Kendaraan dari Zona Merah Wajib Diperiksa

"Misal di Tempel dari Semarang habis jembatan belom kiri ke Cangkringan itu kami tutup agar mobil melalui pemeriksaan kami. Kalau tidak ditutup, mereka nanti lolos di situ," ujar Tavip dikutip dari Tribunjogja.com, Rabu (22/04/2020).

Tavip menambahkan, pengendara dari arah Jakarta atau wilayah barat tidak bisa melewati Jalan Daendles dan dialihkan ke jalan utama.

"Ini yang mau masuk terowongan Daendles kami tutup. Sehingga mereka (belok) ke kiri lewat jalur utama ke Bantul dan Yogya serta melalui pemeriksaan kami," kata Tavip.

Hanya saja ia menjelaskan bahwa kebijakan tersebut masih menunggu regulasi dari pusat agar bisa diterapkan.

Baca Juga: Dishub Sidioarjo Tengah Siapkan Aturan Pembatasan Sebelum PSBB Diberlakukan

Berdasakan hasil konsultasi dengan biro hukum, kebijakan tersebut dapat menuai protes dari warga apabila dilakukan sebelum adanya regulasi tertulis dari pemerintah.

"Maka kami seyogyanya menunggu regulasi. Saya sudah menghubungi pusat, hari ini regulasinya dibahas. Insya Allah besok (Kamis) atau lusa (Jumat) keluar," beber Tavip.