Modal Rp 22 Jutaan, Bikin Vespa Sprint Kandas Pakai Air Suspension

Yuka Samudera - Senin, 20 April 2020 | 16:20 WIB

Pakai air suspension otomatis. Tinggal klik langsung ambles. (Yuka Samudera - )

GridOto.com - Masih membahas Vespa Sprint I-Get garapan bro Helmy, arek Malang yang berhasil memasang air suspension otomatis ke motornya.

Sebelumnya GridOto sudah bahas cukup mendetail mekanisme pemasangan air suspension otomatis ke Vespa Sprint milik Helmy ini.

Baca Juga: Begini Proses Cangkok Air Suspension di Vespa Sprint Berbodi Abstrak!

Memang sebenarnya sudah ada sokbreker aftermarket yang memiliki mekanisme air suspension. Namun beda dengan Vespa Sprint ini, semuanya sudah disetting sedemikian rupa oleh Helmy agar menjadi otomatis.

Letskuts
Vespa Sprint dengan air suspension.

"Jadi tinggal pencet- aja mas tombolnya, bisa otomatis naik turun sokbrekernya. Kalau setahu saya ya manual itu kan musti pakai pompa manual juga," ujar Helmy.

Mekanisme air suspension yang dibuat oleh Helmy disokong penggunaan tabung, kompressor, dan juga modul khusus yang membuat mekanismenya mirip dengan air suspension di mobil-mobil modifikasi.

"Saya berusaha untuk mengaplikasikan mekanisme air suspension di mobil modifikasi ke motor, makanya semua piranti-nya itu khusus mas. Karena keterbatasan tempat untuk meletakkan semua part tersebut," tukasnya.

Letskuts
Posisi tabung, kompressor, dan modul di dalam bagasi jok Vespa Sprint.

"Makanya saya memanfaatkan ruang bagasi di bawah jok untuk rumah tabung, kompresor, beserta modulnya. Harus cari yang sesuai ukurannya, itu yang sulit," lanjut Helmy menjelaskan.

Dan ternyata nih sob, budget untuk membuat air suspension otomatis di Vespa Sprint milik Helmy ini seharga motor baru loh!

"Total habis biaya part sama developingnya itu kisaran Rp 22 jutaan lah hehe. Ya memang mahal tapi lumayan puas dengan hasilnya," jawabnya. Walah gokil juga sob!