Jalan Tol Kayuagung-Palembang Sudah Resmi Dibuka, Gratisnya Sampai Kapan?

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 9 April 2020 | 19:20 WIB

Ruas tol Kayuagung-Palembang (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Jalan tol Kayuagung-Palembang mulai beroperasi pada 1 April 2020 dan disambut baik oleh para pengguna kendaraan.

Deputi Pembangunan Jalan Tol Kayuagung-Palembang PT Sriwijaya Waskita Tol, Yusuf Ar Rosadi mengatakan sudah puluhan ribu kendaraan melintas dalam sepekan beroperasi secara gratis.

"Sejak operasional belum berbayar, jalan tol disambut antusias pengendara, sehari bisa ribuan kendaraan melintas," ujar Yusuf dikutip GridOto.com dari Sripoku.com.

Menurut data PT Waskita Sriwijaya Tol, total 58.745 kendaraan tercatat melintas di jalan tol Kayuagung-Palembang dalam sepekan.

Baca Juga: Gerbang Tol Mapan di Madyopuro Resmi Dibuka, Belum Dikenakan Tarif Sob

Yusuf menjelaskan operasional jalan tol ini sudah dibuka secara umum, hanya saja untuk fase gratisnya akan ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) secara langsung.

Yusuf meminta masyarakat tak perlu khawatir karena jalan tol Kayuagung-Palembang diprediksi akan tetap gratis hingga arus mudik lebaran Idul Fitri 2020.

"Kami menunggu arahan pemerintah sampai kapan penggratisan ini, kemungkinan saat arus mudik masih gratis," kata Yusuf.

Yusuf menambahkan, sesuai aturan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa kendaraan Over Dimension and Over Load (ODOL) dilarang melewati jalan tol Kayuagung-Palembang.

Baca Juga: Ada Imbauan Tak Boleh Mudik, Apakah Tol Cipali Tetap Beroperasi di Tengah Pandemi Virus Corona?