Toyota Astra Motor Kini Gunakan Strategi Dagang Baru di Tengah Pandemi Corona

Harun Rasyid - Kamis, 2 April 2020 | 17:55 WIB

Ilustrasi logo Toyota (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Adanya pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia, membuat para agen pemegang merek kendaraan menerapkan strategi baru dalam penjualan produknya.

Berdasarkan imbauan pemerintah, soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi menekan penyebaran virus Corona, juga mengakibatkan aktivitas penjualan kendaraan terjadi lewat sistem online.

Anton Jimmi Suwandi, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, beberapa strategi penjualan untuk konsumen di Tanah Air berubah.

"Memang ada beberapa strategi baru dari kami, akibat aktivitas gathering ditiadakan atau physical distancing, sekarang ini aktivitas pemasaran atau penjualan banyak dilakukan lewat digital channel," kata Anton, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga: Berburu Diskon Toyota di Tengah Pandemi Covid-19, Harga Fortuner dan Avanza Kena Pangkas Hingga Puluhan Juta Rupiah!

Ia menyebut, langkah penggunaan platform digital mulai dilaksanakan TAM, saat launching Toyota New Agya pada Minggu (19/3/2020).

"Saat ini channel digital toyota sudah cukup banyak. Bisa mell website, social media, chatbot, maupun aplikasi M-Toyota. Di sini konsumen bisa mencari informasi dan memilih mobil yang diinginkan," jelas Anton kepada GridOto.com.

Radityo Herdianto
Ilustrasi Tampak Depan Toyota New Agya TRD Sportivo


"Untuk proses transaksi selanjutnya dalam pembelian unit, dapat berkomunikasi dengan dealer kami," sebutnya lagi.

Anton mengungkapkan, proses pembelian mobil lewat channel digital dari Toyota sudah dilakukan mayoritas konsumen sejak lama.

Baca Juga: Sudah Ada Diskon Buat Toyota Agya Baru, Berikut Daftar Harganya

"Transaksi digital cukup membantu sekali. Tak hanya dilakukan oleh konsumen kami yang milenial, tapi generasi sebelumnya kini telah beradaptasi. Bahkan sebelum ada Covid-19 pun, sudah lebih dari 60 persen konsumen mencari info mobil melalui digital," terang Anton.

Saat disinggung mengenai angka penjualan dari TAM karena dampak pandemi Corona, Anton belum bisa menginformasikannya untuk saat ini.

"Untuk angka atau persentase penjualan bulan Maret 2020 sedang kami rekap datanya, nanti akan kami share melalui Gaikindo juga," tutupnya.