Jangan Khawatir, Ini Tips Aman Cek Kondisi Mobil di Tengah Perjalanan

Radityo Herdianto - Jumat, 13 Maret 2020 | 12:00 WIB

(Ilustrasi) Pengecekan Kondisi Mobil (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Ada keraguan yang muncul ketika mobil mengalami masalah di tengah jalan dan ingin berhenti untuk mengecek.

Banyaknya kasus kejahatan dengan modus tunjuk mobil atau ban kempis menjadi bahaya yang harus diwaspadai kalau ingin berhenti di tepi jalan.

Tidak perlu khawatir, ini tips aman berhenti di tepi jalan untuk mengecek kondisi kendaraan.

"Kalau masih memungkinkan, kendarai mobil sampai bisa berhenti di lokasi yang cukup aman dan strategis," buka Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) kepada GridOto.com.

Cari tempat seperti tempat parkir pusat perbelanjaan atau minimarket yang umumnya sudah terpasang CCTV yang bisa menjadi bukti rekam kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Central lock door

(Baca Juga: Pencurian dengan Modus Tunjuk Mobil, Cegah dengan Lakukan Hal Ini)

Atau lebih aman sebisa mungkin cari lokasi pihak keamanan setempat seperti pos satpam atau kantor polisi untuk memperkecil kesempatan tindak kejahatan.

"Meski sudah berhenti di tempat aman bukan berarti sepenuhnya aman, karena target penjahat adalah barang yang sudah diincar sebelumnya," tekan Sony.

Jangan langsung keluar, Anda harus tetap di dalam mobil dengan mengunci pintu dengan kondisi mesin tetap menyala.

Gunakan spion untuk melihat kondisi sekitar, tangan bersiap di klakson sebagai panic button untuk memberikan suara yang cukup berisik jika terjadi tindak kejahatan.

"Kalau dirasa kondisi aman, matikan mesin dan wajib langsung kunci setelah tutup pintu sebelum mengecek sekeliling mobil," tutup Sony.