Gak Semua Mobil Bisa Pasang Head Unit Model Tesla, Harus Seperti Ini

Radityo Herdianto - Selasa, 18 Februari 2020 | 12:00 WIB

Fitur dan spesifikasi head unit model Tesla ini sudah canggih (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Head unit model Tesla menjadi salah satu tren yang cukup banyak diminati untuk upgrade audio mobil.

Fitur yang banyak seperti memantau kondisi mobil, tampilan yang lebih luas dan mewah, serta bisa mengoperasikan AC di layar menjadi nilai lebih dari head unit model Tesla.

Tidak bisa untuk semua mobil, head unit model Tesla hanya bisa digunakan untuk mobil dengan layout dashboard tertentu.

"Urutannya itu harus yang model kisi AC atas, head unit tengah, dan pengaturan AC bawah seperti kepunyaan New Toyota Fortuner atau Nissan Terra," ungkap Tara, pemilik bengkel spesialis audio mobil Kiki Rotary Motor kepada GridOto.com.

Jika urutan layout dashboard menggunakan model kisi AC di antara head unit dan pengaturan AC seperti New Toyota Yaris, otomatis head unit model Tesla tidak bisa dipasang.

Istimewa
Head unit layar besar untuk Toyota Fortuner lawas.

(Baca Juga: Ingin Pasang Subwoofer untuk Audio Mobil? Pikirkan Dulu Hal Ini)

Tara mengklaim, kisi AC merupakan bagian dashboard yang sudah paten, tidak bisa dibongkar atau dipindahkan karena merupakan kesatuan unit sistem AC.

"Kalau model kisi AC di samping layar head unit seperti punya New Pajero Sport itu masih bisa karena tidak mengganggu posisi AC," jelas Tara.

Tidak hanya dari urutan layout dashboard, ketiga bagian tersebut juga harus yang model kesatuan, bukan yang terpisah.

Seperti New Toyota Rush sudah memiliki urutan ketiga perangkat yang sudah benar, tetapi pengaturan AC terpisah dengan head unit.

"Tidak mungkin untuk melakukan pemotongan dashboard, hasilnya pun juga tidak akan sebagus dengan yang model kesatuan tinggal copot," tekan Tara.