Belum Sebulan Diresmikan, Jalan Lingkar Selatan Pati Sudah Ambles Gara-gara Hujan

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 3 Januari 2020 | 15:13 WIB

Proses perbaikan jalanan ambles di Pati (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Hati-hati jika ingin melewati Jalan Lingkar Selatan Pati yang baru diresmikan 20 Desember 2019 lalu, ada ruas yang ambles karena tergerus air hujan.

Titik jalan yang ambles berada di Kilometer 72 + 450, tepat di sebelah timur Jembatan Nambuhan A, di sisi jalan menuju wilayah kota Pati (arah timur).

Panjang jalan yang ambles sekira 7,5 meter dengan kedalaman 20 sentimeter.

Saat ini, pihak kontraktor telah menerjunkan dua alat berat untuk melakukan perbaikan.

(Baca Juga: Akibat Hujan Intensitas Tinggi di Pekalongan, Buat Jalan Tol Pemalang-Batang Berlubang)

Sementara, sekira 100 meter di sebelah barat titik kerusakan, jalan telah ditutup.

Untuk sementara, selama proses perbaikan, arus kendaraan dari arah barat, menuju kota Pati, dialihkan dengan sistem contraflow  atau lawan arus.

Pelaksana Lapangan PT Delta Marga Adyatama, Kasih, mengatakan, penyebab jalan ambles ialah karena curah hujan yang cukup tinggi pada Kamis (2/1/2020).

“Di median jalan ada lubang, sehingga air hujan masuk dan merembet ke badan jalan. Ketebalan aspalnya 27 sentimeter. Karena air yang masuk ke badan jalan banyak, tanahnya jadi lembek, sehingga tidak kuat menahan beban,” jelasnya.

(Baca Juga: Sokbreker Sudah Pernah Servis? Harus Dapat Perhatian Lebih Saat Musim Hujan, Ini Alasannya)

Sebagai langkah penanganan, lanjut Kasih, pihaknya sebagai kontraktor proyek akan mengganti material yang sudah ada.

Material yang sudah mengandung air akan diganti dengan material baru yang lebih kering, sehingga proses pemadatannya lebih mudah.

“Kami segera tangani supaya pengguna jalan bisa lewat dan diusahakan selesai dalam dua hari. Pekerjaan kami sebelumnya sudah sesuai prosedur. Namun, karena faktor alam, jalan rusak dan kami harus bertanggung jawab sepenuhnya,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Baru Diresmikan, Jalan Lingkar Selatan Pati Ambles Digerus Hujan