Recall Daihatsu Gran Max dan Luxio, Segini Waktu Perbaikannya

Ryan Fasha - Senin, 4 November 2019 | 09:00 WIB

Mesin Daihatsu Luxio (Ryan Fasha - )

GridOto.com - Pada hari pertama November 2019 (1/11) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan recall terhadap Daihatsu Gran Max dan Luxio di Indonesia.

PT ADM melakukan recall terhadap 36.915 unit Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max bermesin 3SZ-VE 1.500 cc di Indonesia yang diproduksi Maret 2018–April 2019.

Dalam program recall ini PT ADM akan melakukan penggantian connecting rod (setang piston atau setang seher dalam bahasa bengkel) pada Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max.

Recall ini dilakukan setelah PT ADM mendeteksi adanya potensi keretakan dan bahkan putus pada komponen setang piston mobil tersebut.

"Tekanan berlebih pada setang piston ini saat proses forging di pabrik pembuatnya sehingga berpotensi terjadi keretakan bahkan patah saat digunakan," jelas Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor saat dihubungi GridOto.com (2/11).

Dok. Otomotif Group
Daihatsu Luxio

(Baca Juga: Recall Daihatsu Gran Max dan Luxio, Awas Setang Piston Bisa Putus)

PT ADM sendiri sudah menemukan 6 kasus terkait retak atau patahnya setang piston di Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max bermesin 3SZ-VE 1.500 cc.

"Sampai saat ini pihak Daihatsu sudah menemukan 6 kasus kerusakan setang piston di Gran Max 1.5L dan Luxio, 5 mengalami setang piston putus dan satu keretakan di setang piston," ucap Anjar

Bila mobil masuk daftar recall dan wajib melakukan penggantian connecting rod ini, pemilik Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max bermesin 3SZ-VE 1.500 cc tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.