Simak Nih, Petunjuk Operasional Samsat Online Nasional (Samolnas)

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Selasa, 1 Oktober 2019 | 09:07 WIB

Samsat Online Nasional (Samolnas) (Muhammad Mavellyno Vedhitya - )

GridOto.com - Samsat Online Nasional (Samolnas) merupakan layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

Samolnas tercipta atas binaan Samsat tingkat Nasional dari Korlantas Polri, Kemendagri, dan Jasa Raharja.

Sistem Samolnas hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), dan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) elektronik.

"Samolnas hanya melayani kendaraan bermotor mobil penumpang dan sepeda motor (milik perseorangan)," ujar Kasi Anev Subdit STNK Korlantas Polri, AKBP Muhar Lamadi kepada GridOto.com, Sabtu (28/9/2019).

(Baca Juga: Begini Cara Bayar Pajak Melalui Bank Mandiri di Samsat Online Nasional)

Berikut adalah petunjuk operasional Samolnas:

1. Data kendaraan bermotor yang ditampilkan dalam sistem Samolnas yaitu data yang sesuai dengan identitas NIK yang tidak dalam status terblokir atau dalam masalah pidana maupun perdata.

2. Pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui aplikasi Samolnas dapat dilakukan tiga bulan sebelum jatuh tempo PKB dan SWDKLLJ.

3. Stiker registrasi dan identifikasi (Regident) pengesahan STNK tahunan dan TBPKB akan dikirimkan oleh petugas Samsat melalui pengiriman sesuai dengan alamat yang tertera dalam STNK.

(Baca Juga: Mau Bayar Pajak Tapi Jauh? Ini Jadwal Samsat Online Keliling di Semarang)

4. Wajib pajak setelah menerima stiker Regident pengesahan STNK tahunan dan TNKB, stiker Regident pengesahan STNK tahunan ditempelkan pada kolom pengesahan STNK sesuai tahun pengesahan.