Jadi Solusi Kurangi Polusi, BPJT Ingin Penggunaan Bus Listrik Makin Luas

Gayuh Satriyo Wibowo - Selasa, 2 Juli 2019 | 13:35 WIB

Bus listrik Transjakarta kreasi anak bangsa di Bus World Southeast Asia JI Expo Kemayoran (Gayuh Satriyo Wibowo - )

GridOto.com - Masa transisi peralihan dari angkutan konvensional ke angkutan berbahan bakar listrik sedang berlangsung.

Tak luput ranah moda angkutan umum Indonesia pun ingin berpartisipasi dalam perhelatan besar di dunia otomotif ini.

Beberapa hal yang mendorong keinginan beralihnya dari penggunaan bahan bakar minyak atau gas ke listrik antara lain keiritan dan gas emisi dari ruang bakar kendaraan listrik.

Kendaraan listrik di yakini lebih ramah lingkungan dan rendah gas emisi sehingga mengurangi jumlah produksi polusi udara yang makin hari makin menggila.

(Baca Juga: Mau Jajal Nikmati Bus Listrik Transjakarta? Ini Hari Terakhir Lo)

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pun turut mendukung hal tersebut dengan mendorong operator pelayanan angkutan umum di Jabodetabek untuk segera beralih ke bus bertenaga listrik.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala BPTJ Bambang Prihartono, dalam waktu dekat sudah ada operator yang siap meluncurkan pelayanan angkutan Bus Transjabodetabek dengan menggunakan unit bus bertenaga listrik. 

"Angkutan umum massal dengan menggunakan bus bertenaga listrik akan segera diluncurkan oleh salah satu operator dan saya berharap segera disusul operator lainnya," kata Bambang dalam keterangan resminya, Senin (1/7/2019).

Bambang menjelaskan, penggunaan bus listrik merupakan salah satu langkah konkret mewujudkan transportasi massal yang ramah lingkungan.

(Baca Juga: Menyusul Jakarta, Bus Listrik Bakal Layani Trayek Semarang-Yogyakarta)