Dijual Terjangkau, Motor Apa yang Bisa Dipasang Quick Shifter?

Muhammad Farhan - Jumat, 29 Maret 2019 | 15:15 WIB

Quickshifter aftermarket merek aRacer terpasang di motor injeksi 1 silinder (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Diadaptasi dari teknologi di motor balap, fitur quick shifter kini juga bisa dipasang untuk berbagai macam motor produksi massal.

Selain memberikan keuntungan berupa efisiensi waktu di sirkuit, quick shifter juga dapat membuat proses oper gigi motor transmisi manual jadi lebih simpel.

Kalau berminat pasang, apakah quick shifter aftermarket bisa dipasang ke beragam jenis motor dengan kopling manual?

“Untuk QSS Universal aRacer bisa dipasang di motor 1 atau 2 silinder dengan beragam kapasitas mesin. Khusus yang sudah injeksi saja, sedangkan motor karburator tidak bisa pasang ini,” ungkap Freddy Gautama, pemilik bengkel Ultraspeed Racing di Daan Mogot, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

(Baca Juga : Jauh Lebih Murah, Ini Alternatif Kabel Gas Spontan Buat Motor)

Penyebabnya sendiri bukan karena sistem penyaluran bahan bakar di motor, melainkan pada arus tegangan kelistrikan yang berbeda.

“Jika dipasang ke motor karburator, quick shifter bisa korslet karena tegangannya lebih tinggi dari 12 volt,” ungkapnya.

Selama motor sudah injeksi dan maksimal 2 silinder, format mesin motor yang berbeda seperti inline atau v-twin maka quickshifter tersebut bisa dipasang.

Nah bagi kalian pengguna motor injeksi dengan jumlah silinder lebih dari 2, bisa pilih perangkat quick shifter dari merek lain di pasaran.

(Baca Juga : Bikin Pakem, Ini Beda Slang Rem Bawaan Motor dan Produk Aftermarket)