Hankook Masih Kesulitan Jalin Kerja Sama OEM dengan Produsen Mobil

Naufal Shafly - Jumat, 11 Januari 2019 | 07:00 WIB

Peluncuran produk terbaru Hankook (Naufal Shafly - )

GridOto.com - PT Hankook Tire Indonesia pada 2013 silam meresmikan pabrik mereka di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Jawa Barat.

Meski telah memiliki pabrik produksi di Indonesia, merek ban asal Korea Selatan tersebut nyatanya masih sulit untuk bekerja sama dengan produsen mobil untuk menjadikan produknya sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM).

Sejauh ini, Hankook baru bekerja sama dengan satu pabrikan yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia Sales Division, Jason Soo Lee, mengatakan umumnya produsen mobil asal Jepang lebih memilih bekerja sama dengan sesama pabrikan Jepang.

Naufal Shafly
Pabrik Hankook di Cikarang, Jawa Barat.

(Baca Juga : Hankook Prediksi Penjualan MPV, SUV dan Mobil Eropa Meningkat di 2019)

"Mobil yang beredar di Indonesia, paling banyak adalah berasal dari pabrikan Jepang. Mereka masih perlu mengkaji lebih dalam mengenai produk kami," ucap Jason di Jakarta Selatan (10/1/2019).

Karena faktor tersebut, Hankook Tire Indonesia mengaku kini lebih berfokus ke penjualan ekspor.

"Kami masih mengandalkan penjualan ekspor. Tujuan ekspor kita ke beberapa negara ASEAN, Asia Timur, Afrika, bahkan ke Eropa juga," kata Theonanta Pardede, Supervisor/Marketing Strategy Team Asia Pacific Division PT Hankook Tire Indonesia.

Ke depannya, pihaknya mengaku ingin melakukan penetrasi untuk menjadi OEM sejumlah produsen mobil yang ada di Indonesia.