Pemkot Semarang Luncurkan 72 Bus BBG untuk Trans Semarang

Adi Wira Bhre Anggono - Rabu, 9 Januari 2019 | 20:00 WIB

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi luncurkan 72 bus brbahan bakar gas hasil kerjasama sister city dengan Kota Toyama, Jepang, Rabu (9/1/2018). (Adi Wira Bhre Anggono - )

GridOto.com - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau yang kerap disapa Hendi terus melakukan inovasi dan transfer teknologi untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

Seperti baru-baru ini yang meluncurkan 72 bus berbahan bakar gas (BBG) untuk Trans Semarang melalui kerja sama sister city dengan Kota Toyama, Jepang.

Selain Hendi, juga hadir Wali Kota Toyama, Yoshiaki Harada pada peluncuran yang dilakukan di Patra Convention Hotel Semarang, Rabu (9/1/2018) tersebut.

“Kami tidak mau kerja sama yang ada hanya sekedar rundingan tanpa tindak lanjut. Alhamdulillah setelah MoU (Sister City / Kota Kembar) dengan Kota Toyama, langsung ditindaklanjuti dengan mengkonversi bahan bakar solar ke gas untuk transportasi massal,” ungkap Hendi.

Hendi menuturkan, untuk pembiayaan bus BBG, mereka melakukannya dengan skema joint crediting mechanism, yaitu dengan anggaran oleh Pemerintah Kota Semarang dan Toyama sama besar.

(Baca Juga : Prediksi Harga Toyota Avanza Baru yang Bakal Diluncurkan Minggu Depan)

Pada program tersebut, Kota Semarang terpilih sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam jejaring 100 kota tertangguh di dunia.

Oleh karena hal itu, Kota Semarang harus memiliki program dan strategi yang dilakukan dalam  pengembangan transportasi yang terintegrasi.

Selain itu, pengehematan juga dapat dilakukan karena BBG bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak serta membuat mesin lebih awet.

Saat ini konversi BBG dilakukan dengan sistem retrofit di mana bahan bakar dapat menggunakan gas dan solar.