Gempa Donggala, Pertamina Siapkan Pasokan Alternatif BBM dan Elpiji

Anton Hari Wirawan - Sabtu, 29 September 2018 | 12:15 WIB

Gempa Donggala (Anton Hari Wirawan - )

GridOto.com - Gempa bermagnitudo 7,7 SR di Donggala yang diikuti tsunami, berdampak pada operasi Pertamina MOR VII Sulawesi di wilayah Palu, dan sekitarnya.

Terminal BBM Donggala dikabarkan mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami. Sejumlah sarana dan fasilitas seperti akses dari dermaga menuju TBBM (trestle) dan tempat pengisian mobil tangki mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menyalurkan BBM.

Akses jalan dari TBBM ke Palu dan Sulawesi Barat pun tidak dapat dilewati akibat longsor dan kerusakan jalan.

Unit Manager Communication dan CSR MOR VII, M Roby Hervindo mengatakan, 3 dari 5 SPBBE terdampak bencana hingga tidak dapat beroperasi.

(BACA JUGA: Detik-detik Sesaat Pasca-Gempa Donggala, Puluhan Motor Roboh)

Sedangkan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Mutiara dalam kondisi aman, tidak terdampak signifikan.

"Untuk pelayanan masyarakat melalui SPBU saat ini masih didata berapa yang masih bisa beroperasi. Nantinya penyaluran akan dipusatkan di SPBU-SPBU tersebut," ujar Roby dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/9/2018).

Roby memastikan, stok BBM dan LPG masih dalam kondisi aman, dan tim Puskodal Pertamina MOR VII telah menyiapkan rencana alternatif Regular, Alternative, Emergeny (RAE) untuk mengamankan pasokan energi ke Palu dan sekitarnya.

Untuk penyaluran BBM, rencana alternatif suplai akan dilakukan melalui beberapa TBBM, yakni TBBM Poso, TBBM Moutong, TBBM Toli-Toli dan TBBM Pare-Pare.

Penyaluran menyesuaikan kondisi jalur darat yang paling memungkinkan.