Bingung Pilih Ukuran Upgrade Pelek dan Ban? Pakai Kalkulator Ini Saja

Radityo Herdianto - Jumat, 20 Juli 2018 | 19:00 WIB

Permaisuri Ban Tires Calculator (Radityo Herdianto - )

GridOto.com-Penggantian pelek aftermarket dengan ukuran yang tepat bisa meningkatkan nilai estetika mobil tanpa mengurangi fungsinya.

"Tidak sekedar penggantian maksimal 2 inci dari standar, namun perhatikan perubahan ukuran pelek tidak merubah ukuran diameter keseluruhan ban standar, sehingga ukuran ban perlu disesuakan," ujar Suparto, Owner Partner Permaisuri Ban, Mahakam, Jakarta Selatan saat ditemui GridOto.com (18/7).

Agar tidak bingung memilih ukuran yang tepat, sebagai acuan Anda bisa menggunakan tires calculator alias kalkulator pelek.

Salah satunya milik Permaisuri Ban, bisa dibuka pada link https://www.permaisuri.com/tires/calculator

Di dalam tires calculator tersebut Anda bisa ketahui ukuran standar ban Anda digambarkan dengan grafis ban pada latar belakangnya.

(BACA JUGA: Cara Poles Bodi Mobil Tanpa Pakai Mesin Poles)

Misalkan ukuran pelek standar Honda CR-V Turbo Prestige 18x7,5 inci ET 45 (offset) dengan ban 235/60R18.

Pada input di sebelahnya pilih upgrade ukuran pelek dan profil ban yang disesuaikan dengan ukuran diameter keseluruhan ban standar.

Contohnya Anda ingin mengganti pelek dengan ukuran 20 inci, maka profil ban yang bisa dipakai mendekati ukuran diameter keseluruhan ban standar adalah 235/50R20.

Maka pada grafis ban di latar belakang akan muncul ukuran yang sudah di-upgrade sebagai gambaran perbandingan dengan ukuran diameter keseluruhan ban standar.