Mengenal PPMKI, Komunitas Penggemar Mobil Kuno di Indonesia

Taufiq JF Putra - Senin, 30 April 2018 | 13:04 WIB

Ford Thunderbird Cabrio tahun 1956 milik anggota PPMKI (Taufiq JF Putra - )

GridOto.com - PPMKI memiliki kepanjangan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia.

Komunitas pencinta mobil kuno ini terbentuk pada tanggal 13 November 1979, tepatnya sudah 39 tahun terbentuk.

Mobil-mobil yang ikut PPMKI seperti Jaguar XK Cabrio tahun 1952, BMW 327 1939, Ford Thunderbird Cabrio 1956, Mercedes-Benz 320B 1837, dan masih banyak lagi.

Bahkan juga ada beberapa mobil kepresidenan Bung Karno, seperti Chrysler Imperial Crown, mobil kepresidenan pada tahun 1960.

(BACA JUGA: Waduh, Bos Red Bull Tuntut Karena Dua Pembalap Ini Bikin Kacau di Azerbaijan 2018 )

Berbagai kegiatan pun telah dilaksanakan PPMKI seperti turing dan ikut pameran otomotif.

Haryo Girisagoro, pengurus Pengprov DKI Jakarta bidang kegiatan menceritakan tentang PPMKI kepada GridOto.com saat ditemui di Kemayoran.

"Kalau PPMKI kegiatannya lebih banyak turing, tahun lalu ke KM 0 Sabang, itu yang ikut ada 38 mobil," ujar Haryo Girisagoro.

Untuk masuk ke komunitas ini pun tidak perlu memiliki mobil klasik, cukup menyukai mobil klasik maka sudah bisa masuk ke PPMKI.

"Masuk PPMKI tidak harus punya mobil, yang penting suka aja silakan gabung, itu cara kami membesarkan PPMKI," terangnya.

Komunitas yang memiliki anggota aktif 3 ratusan orang di Jakarta ini pun sedang menggalakkan kampanye Classic for The Young Generation.

Kampanye tersebut untuk memperkenalkan mobil klasik kepada generasi muda.

"Jadi agar mereka mengetahui dan mencintai mobil klasik, kalau tak kenal maka tak sayang, jadi kami kenalkan supaya nanti pada saat orang tua atau kakeknya sudah tidak ada mereka tetap melestarikan," jelasnya.