Dugaan Per Miring All New PCX 150 Karena Sasis, Begini Komentar Mekanik

Luthfi Anshori - Rabu, 25 April 2018 | 22:22 WIB

Per miring pada suspensi/sokbreker All New PCX 150 diduga karena sasis tidak simetris (Luthfi Anshori - )


GridOto.com - Kasus per sokbreker All New Honda PCX 150 yang sedang ramai dibincang di media sosial, belum diketahui penyebab utamanya.

Salah satu temuan terbaru yang di-share di media sosial, mengatakan jika per miring New PCX 150 akibat konstruksi sasis yang tidak simetris.

Apa benar demikian?

Biar enggak penasaran, GridOto pun langsung menanyakan pendapat ini kepada seorang mekanik ahli yang kerja di sebuah workshop, di kawasan Jakarta Timur.

Ia pun mengamini dugaan konstruksi sasis yang menjadi penyebab miringnya per sokbreker All New PCX 150.

"Saya pernah memeriksa 4 unit PCX lokal yang mengalami masalah per miring. Setelah dicek dudukan sok di frame, antara kanan dan kiri ada beda ketinggian," kata mekanik tersebut.

(BACA JUGA: Nih, 'Koyo' yang Bisa Bikin Performa Motor Bertambah)

"Setelah masing-masing bagian kanan dan kiri diukur dengan meteran, dudukan sokbreker kanan ternyata tingginya lebih 2-3 mm dari sokbreker kiri," yakinnya.

Hal ini juga dibuktikannya ketika ia memasang sokbreker aftermarket ke All New PCX 150.

"Karena tinggi dudukan sok kanan-kirinya enggak sama, akhirnya sok bagian kiri harus disetel ketinggiannya agar sama dengan sok bagian kanan," pungkasnya.

Dugaan per All New PCX 150 miring karena sasis juga diamini seorang mekanik, sekaligus pemilik workshop GENETICmoto yang berlokasi di wilayah Tangerang.