Simak Yuk Video Etika Pakai Klakson, Asal Pencet Sih Jadinya Kampungan!

Ditta Aditya Pratama - Minggu, 18 Februari 2018 | 20:00 WIB

Ilustrasi tombol klakson (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Memang paling kesal jika jalanan macet tapi banyak yang main klakson.

Pencet tombol klakson enggak bakalan macet akan hilang macam sulap.

Klakson diciptakan sebagai sebuah alat untuk berkomunikasi sesama pengguna jalan.

Bunyi klakson pun sudah diatur dalam sebuah aturan tertulis yang disahkan oleh pemerintah dan dipatuhi oleh para produsen kendaraan di dunia.

Jadi kamu tidak boleh sembarangan mengganti klakson dengan bunyi yang sangat keras sehingga justru mengganggu pengguna jalan lain.

(BACA JUGA: Gawat Nih, Suara Klakson Berpotensi Menimbulkan Penyakit Jantung)

“Bunyi klakson juga mengandung arti. Misalnya membunyikan klakson sekali dianggap sebagai sapaan, dibunyikan dua kali seperti panggilan atau meminta perhatian atau bahkan sebuah ucapan terima kasih saat Anda menyalip kendaraan lain,” ujar Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat diubungi oleh GridOto.com.

Jusri penambahkan, penggunaan klakson yang salah, bisa memancing emosi pengendara lain. Misalnya membunyikan klakson secara panjang tanpa putus.

Selain berisik, menurut Jusri, pengendara lain yang ada di sekitar Anda juga tidak senang diperlakukan seperti itu. Ujung-ujungnya akan menjadi sebuah keributan di jalan raya.

Bagaimana cara menggunakan klakson yang sopan dan enggak memancing keributan, Sobat bisa simak langsung di video singkat ini!

 

Tahukah kamu etika membunyikan klakson sob? Jangan asal ngebunyiin biar pengendara lain enggak terganggu. Coba simak ini deh biar makin tahu. Semoga tips ini bisa membantu dan yang pasti kamu jadi makin pintar dalam mengatasi masalah ini, share ke teman-temanmu biar mereka tahu bro! Dan jangan lupa Kunjungi GridOto.com (klik link di bio) #klakson #klaksonmobil #klaksontelolet #motor #sparepart #aftermarket #tipsotomotif #tipsberkendara #tipskeselamatan #motor #gridoto #otomania #otomotifweekly #jip #kompasotomotif #Motorplus #duniaotomotif #gridnetwork

A post shared by GridOto (@gridoto) on