Ternyata Footstep All New Yamaha V-Ixion R dan Tanpa R Tak Sama, Apa Bedanya?

Dimas Pradopo - Selasa, 31 Oktober 2017 | 16:03 WIB

Footstep Yamaha V-Ixion R (Dimas Pradopo - )


GridOto.com - All New Yamaha V-Ixion R sudah seperti All New Yamaha R15 tanpa fairing, wajar jika mayoritas komponen selain bodi berbeda dari V-Ixion tanpa R, termasuk desain footstep-nya.

Footstep All New Yamaha V-Ixion R memiliki desain yang lebih sporti dengan bentuk bracket footstep-nya memiliki kisi-kisi ala R15.

Ukurannya pun lebih memanjang ke belakang yang mengesankan posisi kaki lebih mundur.

Berbeda dengan Yamaha V-ixion tanpa R yang desain bracket footstep-nya lebih polos, karena masih menggunakan desain yang sama dengan V-Ixion generasi sebelumnya.

Makin sporti, tuas pemindah giginya hanya satu saja model ungkit. Persis R15 kan!

Sedang Yamaha V-ixion tanpa R tampak jadul dengan tambahan tuas injak di belakang.

Meski kurang sporti tapi secara fungsi pas banget untuk bikers yang sayang sepatu, karena untuk pindah gigi enggak perlu dicongkel.

Reyhan / GridOto.com
Footstep All New Yamaha V-Ixion Tanpa R

Dengan perbedaan desain ini, apakah riding position-nya berbeda?

Setelah dicoba, rupanya jarak footstep, posisi kaki serta jarak tuas All New Yamaha V-Ixion R dan non R sama persis.

Ditambah lagi tinggi jok keduanya sama-sama 795 mm, membuat posisi riding All New Yamaha V-Ixion R tetap santai dan tidak melelahkan.

Meski riding position sama, tapi ada beberapa perbedaan detail, seperti dudukan

footstep boncengan All New Yamaha V-Ixion R lebih melengkung karena penggunaan knalpot All New Yamaha R15 yang membutuhkan posisi braket knalpot lebih keluar.
Reyhan / GridOto.com
Footstep Yamaha V-Ixion

Posisi tabung reservoir rem belakang juga berbeda. All New V-Ixion R berada di footstep boncengan, kalau varian Non R tetap sama seperti V-Ixion sebelumnya, di balik cover dekat rangka.

Ada perbedaan lain di footstep kanan. Untuk All New V-Ixion pijakan kakinya dapat dilipat, agar tidak menghalangi saat kick starter digunakan.

Berbeda dengan All New Yamaha V-Ixion R, mesin LC4V berkapasitas 155 cc yang diambil dari All New R15 tidak memiliki selahan.