Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dorong Pertumbuhuan Motor Listrik, Kymco Targetkan Bangun 50 SPBKLU di 2024

Wisnu Andebar - Sabtu, 4 Mei 2024 | 13:33 WIB
Kymco targetkan bangun 50 BSS pada 2024
Kymco targetkan bangun 50 BSS pada 2024

GridOto.com - PT Smart Motor Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Kymco di Tanah Air, melakukan ekspansi dengan memperluas jaringan Battery Swap Station (BSS) alias Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Saat ini, BSS Kymco telah tersebar di hampir 40 titik di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi (Jatabek).

Untuk detailnya berada di tiga lokasi strategis mulai dari kantor Grab, Kentucky Fried Chicken (KFC), dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“BSS akan terus kami perluas demi memenuhi kebutuhan pelanggan, target kami di tahun 2024 ini akan membuka BSS di 50+ titik strategis di wilayah Jatabek,” kata Direktur Kymco, Chen Jung Lung dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/5/2024).

Ia menyampaikan, penentuan lokasi BSS ini didasarkan atas beberapa pertimbangan.

Seperti kemudahan akses wilayah, dapat diakses setiap waktu, serta tingkat keamanan dan kenyamanan saat konsumen melakukan penggantian baterai.

Lebih lanjut, BSS dengan nama Kymco iONEX ini diklaim telah digunakan oleh ribuan pengendara motor listrik di wilayah Jatabek.

Jumlahnya mencapai lebih dari 600 ribu kali swap pada 2023 menurut data iONEX System Management.

Chen Jung Lung mengungkapkan, perluasan BSS yang dilakukan oleh Kymco iONEX merupakan salah satu dukungan kepada kebijakan pemerintah, yakni mendorong adanya skema pembelian kendaraan bermotor listrik tanpa baterai dengan konsep tukar baterai atau swap battery.

Baterai Swap Station (BSS) Kymco
Baterai Swap Station (BSS) Kymco

Baca Juga: Hadir di PEVS 2024, Kymco Bawa Motor Listrik dengan Sistem Swap Baterai

SPBKLU ini sangat membantu operasional para pengemudi ojek online dengan berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh BSS Kymco iONEX, ialah dapat mengisi ulang daya baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu 1 jam.

Sementara untuk mengisi daya baterai hingga penuh 100 persen dibutuhkan waktu hanya 2 jam saja dan tidak disarankan untuk melakukannya di rumah demi keamanan.

Dalam proses penukaran baterai di BSS, pelanggan hanya membutuhkan waktu kurang kebih 10 detik saja.

Konsumen hanya perlu memasukkan baterai yang sudah habis mendekati 20 persen, dan BSS akan otomatis mengeluarkan baterai yang sudah terisi penuh.

Pengguna tidak perlu lagi melakukan scan barcode ataupun membuka aplikasi untuk mekakukan penukaran baterai.

BSS Kymco iONEX beroperasi 24 jam per hari, tujuh hari dalam seminggu dengan penyeimbangan beban dan cadangan tenaga di bawah pengelolaan cloud milik iONEX System Management untuk memastikan operasi otonom yang aman dan tanpa gangguan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa