Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Ride Lengkap Zeeho AE8, Lari Kencang Feeling Berkendara Nyaman!

Dimas Pradopo - Senin, 29 April 2024 | 15:21 WIB
Zeeho AE8, desain futuristik, larinya kencang!
Dimas Popo
Zeeho AE8, desain futuristik, larinya kencang!

GridOto.com - Dikenalkan di Indonesia sejak 2022, kemudian mulai dipasarkan pada 2023. Hingga saat ini Zeeho AE8 jadi salah satu motor listrik yang performa dan riding impression-nya layak diperhitungkan. 

Merek Zeeho merupakan subbrand khusus motor listrik dari pabrikan motor CFMoto yang cukup terkenal dengan line up moge dan UTV-nya.

Wajar jika secara build quality cukup solid jika dibandingkan dengan motor listrik kebanyakan asal China.

Zeeho AE8
Zeeho AE8

Saat ini totalnya ada 3 varian yang ditawarkan. Unit yang kami coba adalah versi termurah AE8 dijual Rp 63,8 juta (OTR Jakarta). Di atasnya ada AE8+ dengan penambahan ABS dual channel, harganya Rp 65,1 juta (OTR Jakarta).

Satu lagi AE8 S+ dilepas Rp 73,6 juta (OTR Jakarta) dengan pembeda utama adalah indicator berlayar TFT 5 inci. Sedang secara spesifikasi teknis lainnya dan desain tak banyak berbeda. Yuk langsung kita gas!

Penyaluran tenaga ke roda belakang Zeeho AE8 pakai belt. Posisi dinamo ada di tengah dengan konstruksi mid drive
Dimas Popo
Penyaluran tenaga ke roda belakang Zeeho AE8 pakai belt. Posisi dinamo ada di tengah dengan konstruksi mid drive

PERFORMA
Urusan performa, khususnya akselerasi adalah yang menjadi daya tarik utama. Mengusung motor listrik IPM Electric, rate power-nya 5kW, sedang peak-nya mencapai 12,5 kW. Besar ya!

Tapi jangan kaget dulu sebelum mendengar klaim peak torsinya. Tembus 218 Nm! Itu setara dengan 2 kali torsi moge 1.000 cc.

Posisi motor listriknya mid drive, ada di tengah kemudian tenaga disalurkan ke roda belakang via final gear yang dihubungkan pakai belt berlabel Continental.

Yup, memberikan reduksi akhir adalah salah satu cara agar torsi instan yang sangat besar tadi bias tersalur sempurna ke aspal tanpa roda belakang spin. Sekaligus memberikan feeling halus saat awal membuka gas.

Biar dinamo dan controller Zeeho AE8 adem, disematkan juga sebuah radiator
Dimas Popo
Biar dinamo dan controller Zeeho AE8 adem, disematkan juga sebuah radiator

Yang menarik, untuk performa seganas ini, Zeeho sampai menambahkan radiator guna mendinginkan motor listrik dan perangkat controller. Posisinya ada di kolong bagian depan, tepat di belakang roda depan.

Editor : Dimas Pradopo

Inilah Bugatti Tourbillon, Bugatti Baru Pertama di Era Mate Rimac

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa