Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Holiday Fun Drive 2024

Masih Ingat Sistem Hybrid dan Mesin Bensin Ertiga? Bedah Ulang Yuk

Billy - Sabtu, 13 April 2024 | 02:36 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid mengandalkan ISG dan baterai, sebagai pendamping mesin bensin
Billy(Gridoto)
Suzuki Ertiga Hybrid mengandalkan ISG dan baterai, sebagai pendamping mesin bensin


Gridoto.com. Sistem hybrid Suzuki All New Ertiga  Produksi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini tidak serumit mobil-mobil hybrid lain, dikategorikan sebagai mild hybrid.

Joshi Prasetya, Strategic Planning Dept. Head PT SIS pernah menjabarkan saat peluncuran Ertiga hybrid,  ada dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal Ertiga Hybrid.

"Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion Battery, bersamaan dengan hadirnya fitur Auto Start-Stop yang mendukung Suzuki Smart Hybrid," katanya.

Saat melakukan deselerasi dengan rem, ISG mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Energi kinetik dimanfaatkan dari regenerative braking yang terintegrasi dengan sistem pengereman.

Listrik yang dihasilkan akan disimpan di dalam Lithium-ion Battery 6 Ah 12 Volt dan Lead Acid Battery (aki) kapasitas 55Ah.

Mesin K15B Ertiga  yang efisien
Billy(gridoto)
Mesin K15B Ertiga yang efisien

Selain itu, ISG juga berperan sebagai bantuan  tenaga kepada mesin bila dibutuhkan. Bantuan tenaga tersebut diambil dari energi listrik Lithium-ion Battery kapasitas 6Ah di bawah jok penumpang depan.

Bagaimana dengan mesin internal combustion? " Kalau di Indonesia kita pakai mesin K15B ungkap Yulius Purwanto, Product Development Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada GridOto.com.

Mesin ini berkonfigurasi 4 silinder dengan kapasitas 1.462 cc DOHC (Double Over Head Camshaft) VVT (Variable Valve Timing).

Dari data PT SIS, mesin K15B ini menghasilkan tenaga 104,7 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm/4.400 rpm.

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa