Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Segini Uang yang Digelontorkan Liberty Media Buat Beli MotoGP

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 4 April 2024 | 18:30 WIB
Pemilik hak siar F1 yaitu Liberty Media mau beli MotoGP dan WorldSBK, segini dana yang digelontorkan.
Kolase F1 dan MotoGP
Pemilik hak siar F1 yaitu Liberty Media mau beli MotoGP dan WorldSBK, segini dana yang digelontorkan.

GridOto.com - Pemegang hak komersial F1 yaitu Liberty Media sudah secara resmi mengumumkan niat mereka untuk mengakuisisi Dorna Sports.

Dengan demikian, Liberty Media tidak hanya akan memiliki hak siar F1 melainkan juga seluruh ajang balap di bawah Dorna Sports seperti MotoGP dan WorldSBK.

Akuisisi ini diprediksi akan rampung dilakukan pada akhir 2024, dengan catatan mendapatkan izin dan persetujuan dari para otoritas hukum kompetisi dan investasi asing di berbagai jurisdiksi.

Greg Maffei, Presiden dan CEO Liberty Media mengatakan kalau pihaknya sangat senang bisa memperluas portofolio mereka dengan kehadiran MotoGP yang ada di bawah Dorna Sports.

"MotoGP adalah ajang global dengan basis penggemar yang loyal, balapan yang memukau, serta profil finansial dengan generasi arus kas yang tinggi," ucap Maffei.

"Bisnis ini punya keunggulan yang signifikan, dan kami berniat untuk mengembangkan olah raga ini untuk para fans dan tim MotoGP, partner komersial, dan pemegang saham kami," tambahnya.

Dalam pengumuman resminya, Liberty Media akan menguasai 86 persen saham Dorna Sports, meninggalkan 14 persen untuk para pemiliknya saat ini.

Sebagai informasi, Dorna Sports saat ini dimiliki oleh perusahaan investasi swasta asal Britania Raya yaitu Bridgepoint Group (39 persen), dana pensiun publik Kanada CPPIB (31 persen), dan para pemegang saham lainnya termasuk keluarga Ezpeleta.

Nilai dari 86 persen saham Dorna Sports yang diakusisi oleh Liberty Media adalah sebesar 4,2 miliar Euro atau sekitar Rp 72,4 triliun (1 Eur = Rp 17.242 per 4/4/2024) dalam enterprise value dan 3,5 miliar Euro atau sekitar Rp 60,3 triliun dalam equity value.

Baca Juga: Dibeli Liberty Media, Dorna Sports Pastikan F1 Tak Cawe-cawe Urusan MotoGP

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa