Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GIIAS 2023

Profil Winsen Direktur 70mai Indonesia, Dashcam Harga Kompetitif dan Kualitas Jadi Kunci

Wisnu Andebar - Minggu, 13 Agustus 2023 | 13:48 WIB
Winsen, Direktur PT Invens Sukses Indonesia sebagai distributor tunggal 70mai di Indonesia saat berada di GIIAS 2023
Wisnu/GridOto.com
Winsen, Direktur PT Invens Sukses Indonesia sebagai distributor tunggal 70mai di Indonesia saat berada di GIIAS 2023

GridOto.com - Nama 70mai mungkin belum begitu familier bagi para pencinta otomotif Tanah Air, khususnya dunia aftermarket roda empat.

Pasalnya merek dashcam atau dashboard camera mobil ini baru sekitar tiga tahun menjajaki pasar Indonesia, terhitung sejak 2020 lalu.

Meski begitu, Winsen, Direktur PT Invens Sukses Indonesia sebagai distributor tunggal 70mai di Indonesia, percaya bahwa merek yang ia pegang bisa bersaing walau banyak tantangan harus dihadapi.

"Kami resmi masuk Indonesia sejak 2020, tantangan memasarkan produk ini bisa dibilang dari segi kategorinya bukan produk yang umum," ujar Winsen saat ditemui di pameran GIIAS 2023, ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (12/8/2023).

"Jadi masih banyak pengguna mobil yang belum menyadari pentingnya memiliki dashcam di mobil," sambungnya.

Di samping itu, dari segi regulasi pun penggunaan dashcam di Indonesia belum diatur.

Menurut Winsen, di negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura, dashcam sudah menjadi peranti yang diwajibkan ada di setiap mobil.

"Jadi keberadaan dashcam ini sejatinya penting untuk merekam aktivitas mencurigakan di dalam dan sekitar kendaraan," ucap pria dengan gelar S1 Teknik Industri dari salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat ini.

Dengan begitu, pemilik mobil memiliki bukti kuat jika terjadi percobaan perampokan atau perilaku curang.

Baca Juga: Dashcam Mobil 70mai A810 Resmi Dirilis, Intip Spesifikasi dan Harganya



"Penyelesaian klaim asuransi dan masalah hukum pun lebih cepat dan adil, membantu penegakan hukum dan perusahaan asuransi dalam mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab," terangnya.

Berangkat dari tantangan tersebut, ia pun banyak mengembangkan strategi mulai dari edukasi konsumen, layanan purnajual, termasuk meningkatkan kualitas produk namun dengan harga kompetitif.

Untuk diketahui, produk dashcam 70mai yang ditawarkan di Indonesia cukup variatif dengan banderol mulai Rp 600 ribuan sampai Rp 3,3 juta. 

"Sebenarnya harga kami bukan yang paling murah, tapi tentunya bukan yang paling mahal, di luar sana mungkin bisa ketemu dashcam yang lebih murah dan lebih mahal," tuturnya.

"Simpelnya begini, 70mai ini merek global asal China yang volume penjualan cukup tinggi, sehingga biaya produksi bisa ditekan tanpa mengesampingkan kualitas," ucap Winsen lagi. 

Selain menawarkan harga yang kompetitif, pria yang hobi basket ini juga mengungkapkan, bahwa layanan purnajual menjadi poin penting yang tidak boleh dilupakan dalam berbisnis.

"Produk yang bagus, harga kompetitif, harus dibarengi layanan after service. Karena dashcam ini masukya barang gadget, jadi menurut saya after service itu penting," beber pria kelahiran 1992 ini.

Untuk saat ini pihaknya telah memiliki service center yang berlokasi di Jakarta.

Ke depan, 70mai Indonesia berencana untuk ekspansi menambah layanan purnajual di kota besar lainnya seperti Bandung, Medan, dan Surabaya. 

"Target tiga sampai lima tahun ke depan kami bakal bangun di kota tersebut. Kami juga berikan garansi satu tahun untuk semua tipe produk kami," pungkasnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa