Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkiblat ke China, PT TKDN Akan Terapkan Teknologi Canggih untuk Transportasi Bus di Indonesia

Wisnu Andebar - Sabtu, 8 Juli 2023 | 18:30 WIB
PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd. dan Zhenqing Bus
Dok. TKDN
PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd. dan Zhenqing Bus

GridOto.com - PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd. dan Zhenqing Bus Group di Qingdao, China.

TKDN juga mengunjungi daerah Yangcheng untuk membandingkan dan mempelajari alat-alat IoT yang terpasang di bus station serta Bus listrik panjang empat kabin.

Untuk diketahui, TKDN merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT, menawarkan Solusi Manajemen Transportasi, dengan fokus pada Keselamatan dan Pemantauan Armada kepada para produsen kendaraan dan juga operator transportasi.

Dalam kunjungan pertama di Qingdao, tim TKDN mengamati teknologi LED ultra high definitions, interactive screen serta perangkat-perangkat telematika IoT milik Hisense.

Tim TKDN mendapat pemahaman mendalam mengenai teknologi Hisense City "Cloud Brain" yang dapat menyediakan pengelolaan kota dengan platform terbuka yang mencakup seluruh kota.

Dengan platform ini, pemerintah kota dapat dengan bebas mengakses aplikasi manajemen perkotaan yang mencakup seluruh bagian dalam bidang tata kelola kota, manajemen lalu lintas, tata kelola lalu lintas, dan manajemen keselamatan publik.

“Spesialisasi Hisense dalam solusi integratif industri Intelligent Transportation dan Smart City, teknologi inti, layanan dan R&D produk sudah terbukti di beberapa kota di China," ujar David Santoso, Komisaris Utama TKDN dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Jumat (7/7/2023).

PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) saat mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd.
Dok. TKDN
PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) saat mengunjungi Hisense Network Technology Co., Ltd.


"Kami melihat dari used case ini seharusnya mampu kita uji dan localize untuk diterapkan di Indonesia,” sambungnya.

Pada kunjungan selanjutnya, tim TKDN menyambangi Zhenqing Bus untuk melihat bagaimana mereka mengatur dan mengawasi operasional smart bus di Command Center.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Karoseri Laksana Simulasikan Uji Tabrak Depan Standar Eropa

Pengamatan mendalam juga dilakukan terhadap penerapan teknologi informasi dalam hal konfigurasi peralatan elektronik kendaraan, perintah dan pengiriman secara real-time, perencanaan, penjadwalan, dispatch management dan optimalisasi rute.

Kemudian pemeliharaan kendaraan serta pergudangan material, sekaligus mendapatkan informasi tentang struktur organisasi dan model manajemen grup aplikasi inovatif seperti interaksi proses, berbagi data multi-departemen, dan kantor terintegrasi multi-terminal dari pihak Zhenqing Bus.

Tidak hanya untuk berdiskusi tentang teknologi serta used case yang dimiliki Hisense dan Zhenqing Bus, kunjungan ini sekaligus untuk membuka kerja sama dengan kedua perusahaan.

Mengingat solusi dan produk intelligent transport system dari Hisense serta mode manajemen dan sistem smart bus dari Zhenqing Bus merupakan salah satu yang terkemuka di industri transportasi, hal ini tentu dapat meningkatkan layanan solusi milik TKDN.

TKDN memiliki solusi perangkat TAMFleet, yaitu perangkat IoT dengan teknologi AI untuk memantau perilaku dan identifikasi pengemudi, penginderaan jalan dengan tingkat akurasi hingga 95 persen.

Terdapat pula proses pemantauan secara real-time untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas serta sistem platform IT.

Solusi-solusi yang diawarkan meliputi IoT Smart Bus System Integrator (Solusi sistem manajemen perangkat IoT untuk armada bus), Transport Payment Solutions (Solusi sistem dan perangkat untuk menunjang pembayaran non tunai).

Software as a Service (Solusi sistem dan software berbasis cloud untuk kemudahan layanan), Business Process Outsourcing (Solusi layanan operator dan command center yang terintegrasi), Smart Infrastructure Technology (Solusi sistem dan layanan terintegrasi untuk infrastruktur jalan raya).

“Kunjungan ini tentunya dapat memberikan insight dan peningkatan layanan bagi TKDN dalam penerapan dan pembangunan smart bus di Indonesia terutama saat telah terjalin kolaborasi dengan Hisense dan Zhenqing Bus,” tutup David.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa