Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Nggak Gagal, Polisi Terbitkan Buku Panduan Pembuatan SIM

Hendra - Selasa, 7 Maret 2023 | 06:45 WIB
Agar tidak mengulang (remedial) Korlantas menerbitkan platform digita mempelajar pembuatan SIM
Korlantas.polri.go.id
Agar tidak mengulang (remedial) Korlantas menerbitkan platform digita mempelajar pembuatan SIM

GridOto.com- Untuk membantu permudah proses pembuatan SIM, Korlantas Polri menerbitkan buku panduan pembuatan SIM. 

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan dengan kehadiran buku panduan pembuatan SIM ini diharapkan masyarakat bisa mempelajari terlebih dahulu sebelum mengikuti rangkaian pembuatan SIM. 

“Kami taruh di tempat umum seperti kereta, pesawat, kemudian perpustakaan-perpustakaan dalam bentuk buku, serta platfrom-platfrom media sosial yang ada” ujar Brigjen Pol Yusri Yunus, Senin (6/3).

Dengan adanya buku tersebut, nantinya masyarakat pemohon SIM tidak akan bingung lagi saat mengikuti tes teori SIM, karena bisa mempelajarinya terlebih dahulu dari buku yang disediakan.

Selain itu, Korlantas juga menyediakan beragam platform yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk persiapan pembuatan SIM.

"Kami juga membuat elektronik ebook (E-AVIS), QR Code yang nantinya akan disebar ke beberapa tempat umum," ungkap jendral jebolan Akpol 1991. 

Saat ini menurut Yusri, ujian teorinya ada 520 soal yang sudah disiapkan dalam bentuk animasi.

"Ada yang menyangkut masalah pengetahuan, menyangkut masalah yang bisa berakibat fatal kecelakaan, jadi banyak jenis-jenis yang disediakan” sambung Dirregident Korlantas Polri.

Untuk menjamin, hasil pembuatan SIM lebih baik, pihak Korlantas kini memperketat proses dalam persyaratan pembuatan SIM di beberapa model satpas.

Baca Juga: Polres Pasuruan Buat Program SIM Cak Bhabin, Permudah Warga Desa Dapat Pelatihan Ujian SIM

"Di antaranya Satpas Prototype yang mengharuskan untuk melakukan face recognition untuk membaca wajah pemohon SIM, dilanjutkan dengan menekan sidik jari, sehingga mengurangi adanya penyalahgunaan wewenang," jelasnya. 

Selain itu, saat ini terdapat kebijakan kepada pemohon SIM yang gagal dapat langsung mengulang ujian, dengan syarat dua kali kesempatan di hari yang sama.

“Salah satu contoh yang ada di Satpas Daan Mogot setiap hari Sabtu menyediakan pelatihan bagi pemohon SIM, dimana disediakan arena latihan langsung dan tidak di pungut biaya” pungkasnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa