Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Oli Mesin Bisa Dijadikan Oli Matic Enggak Sih? Begini Penjelasan Ahli

Naufal Shafly - Selasa, 3 Januari 2023 | 10:13 WIB
Ilustrasi pilihan oli mesin
Pradana
Ilustrasi pilihan oli mesin

GridOto.com - Bukan cuma mesin, transmisi matic juga memerlukan oli sebagai pelumas dan meminimalisir gesekan antara komponen.

Meski memiliki fungsi yang kurang lebih sama, tapi apakah bisa oli mesin dipakai sebagai oli matic?

Terkait hal ini, Tri Yuswidjajanto Zaenuri selaku Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) coba berikan penjelasannya.

Menurut pria yang akrab disapa Yus ini, oli mesin tidak bisa digunakan untuk melumasi transmisi otomatis mobil karena komposisinya jauh berbeda.

"Pertama, tingkat kekentalannya jauh berebeda. Oli transmisi otomatis itu biasanya lebih encer ketimbang oli mesin," ucap Yus kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Perbedaan tingkat kekentalan ini, menurut Yus dikarenakan tugas masing-masing oli yang juga berbeda.

"Kalau oli transmisi prinsipnya adalah dia harus bisa mengurangi gesekan, baik gesekan antar-gigi maupun gesekan di bearing. Supaya risiko losses-nya (ngelos/slip) kecil, makanya harus pakai oli encer," jelas Yus.

Selain itu, kandungan serta zat aditif yang terdapat di kedua oli ini juga menurut Yus sangat berbeda.

Zat aditif pada oli transmisi disebut lebih sedikit ketimbang oli mesin, karena pekerjaan oli transmisi cenderung lebih ringan ketimbang oli mesin.

Baca Juga: Perlu Ganti Oli Mesin Habis Perjalanan Libur Nataru? Ini Kata Bengkel

"Di transmisi kan tidak ada pengotoran, maksudnya tidak ada sisa pembakaran, tidak ada air pendingin yang kemungkinan bocor ke situ. Jadi otomatis aditif lain yang sifatnya mencegah oksidasi sangat kecil, dia lebih fokus ke aditif yang mengurangi gesekan atau keausan," kata Yus.

Sebaliknya, oli mesin lebih banyak mengandung aditif karena tugasnya lebih berat, yakni sebagai pelumas, pembersih, dan juga pendingin mesin.

"Jadi otomatis kalau kita pakai oli mesin ke transmisi matic tidak bisa. Satu oli mesin lebih kental, dua di transmisi matic kan banyak katup yang mengatur distribusi pelumas di dalamnya,"

"Kalau olinya kental, otomatis jadi susah lewat. Sehingga nanti dikhawatirkan ada titik-titik yang kekurangan pelumas," tutupnya.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa