Electric Mobility (ELMO)

Mobil Listrik Wuling Air ev Made in Cikarang Resmi Meluncur, Segini Kapasitas Produksinya

Wisnu Andebar - Senin, 8 Agustus 2022 | 13:15 WIB
Mobil listrik Wuling Air ev secara resmi mulai diproduksi lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat
Wisnu/GridOto.com
Mobil listrik Wuling Air ev secara resmi mulai diproduksi lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat

GridOto.com - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) secara perdana meluncurkan Wuling Air ev produksi lokal pada hari ini, Senin (8/8/2022).

Diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat, kapasitas produksi Wuling Air ev disebut mencapai 10 ribu unit per tahun dari total produksi secara keseluruhan Wuling Motors sebanyak 120 ribu unit per tahun.

Mobil listrik pertama Wuling Motors yang diproduksi di Indonesia ini rencananya tidak hanya untuk memenuhi pasar otomotif Tanah Air, tapi juga untuk kebutuhan ekspor.

"Kendaraan listrik yang kami luncurkan hari ini adalah kendaraan listrik berbasis baterai terbaru yang dikembangkan Wuling untuk dunia dan Indonesia telah menjadi tempat peluncuran perdana," kata Presiden Direktur Wuling Motors, Shi Guoyong di Cikarang, Senin (8/8/2022).

Shi Guoyong juga mengungkapkan, bahwa sebanyak 300 unit Wuling Air ev telah disiapkan untuk menjadi kendaraan resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada November 2022 mendatang.

"Kami juga akan terus mendukung suksesnya KTT G20 dengan kualitas produk dan layanan yang baik," imbuhnya.

Masih menurut Shi Guoyong, sejak masuk ke Indonesia pada 2015 lalu, investasi Wuling Motors sudah melebihi 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,9 triliun.

Adapun dari sisi produk yang dikembangkan Wuling Motors saat ini sudah ada enam jenis, dengan total karyawan pabrik lebih dari 10.000 karyawan.

"Kemudian dari penjualan dan pangsa pasarnya, Wuling telah mencapai posisi keenam di industri otomotif Indonesia dan memiliki lebih dari 90.000 pengguna," pungkasnya.

Baca Juga: Tertarik Beli Mobil Listrik? Ini Dia Simulasi Kredit Wuling Air ev, Angsuran Termurahnya Mulai Rp 6 Jutaan

Bicara harga Wuling Air ev rencananya akan diumumkan dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11 Agustus 2022 mendatang.

Namun diestimasikan Wuling Air ev akan dibanderol mulai Rp 250 juta untuk tipe Standard Range.

Sedangkan varian Long Range akan dijual dengan harga lebih tinggi, yakni mencapai Rp 300 juta untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Dapur pacu Wuling Air ev varian Standard Range dan Long Range memiliki motor listrik bertenaga 30 kW atau sebesar 40,7 dk.

Tapi untuk baterai varian Standard Range, memiliki kapasitas yang lebih kecil yaitu 18 kWh dengan jarak tempuh sekitar 200 kilometer.

Sementara Air ev varian Long Range dibekali baterai berkapasitas 26,5 kWh yang mampu menjangkau jarak sejauh kurang lebih 300 kilometer.

Untuk pengisian dayanya, mobil listrik berkapasitas empat penumpang ini bisa dicas dengan daya minimal 2.200 watt.

Sebagai pilihan untuk konsumen, Wuling Air ev dibekali lima varian warna, antara lain Peach Pink (merah muda), Pristine White (putih), Galaxy Blue (biru muda), Avocado Green (hijau), dan Lemon Yellow (kuning).


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa