Jangan Ngaku Bikers Kalau Belum Tahu Alasan Motor Trail Identik Pakai Pelek Jari-jari, Ini Loh Kelebihannya

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 24 Juli 2022 | 17:10 WIB
Honda CRF 150L menggunakan pelek jari-jari
Otomotifnet
Honda CRF 150L menggunakan pelek jari-jari

GridOto.com - Pelek merupakan komponen yang sangat penting di sektor kaki-kaki dan berpengaruh terhadap estetika pada motor.

Kalau diperhatikaan lagi, motor dual purpose atau trail memiliki ciri khas selalu disematkan pelek jari-jari dari pabrikan misalnya Honda CRF150L, Kawasaki KLX 150 dan Yamaha WR 150 R.

Tentunya bukan tanpa alasan motor trail hanya disematkan pelek jari-jari, dibanding dengan menggunakan pelek racing oleh pabrikan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan pelek jari-jari sengaja dipilih karena berpengaruh pada rasa berkendara di jalur off road atau trabasan.

"Untuk motor trail seperti CRF150 maupun CRF250 itu konsepnya on road dan off road. Di off road biasanya motor ini didesain untuk menerjang lubang, kemudian jumping ya," ujar Endro kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi trabasan
Astra Honda Yogyakarta
Ilustrasi trabasan

Menurutnya, dengan karakter pelek jari-jari yang lebih fleksibel dan ringan dinilai lebih cocok digunakan di jalur off road.

Berbeda dengan pelek racing dengan karakter lebih kaku dan berat, sehingga kurang nyaman saat digunakan di jalur yang tidak rata.

"Makanya menggunakan pelek jari-jari karena lebih lentur atau fleksibel, mampu meredam waktu benturan dan lebih ringan dibanding pelek cast wheel," ungkap Endro.

Baca Juga: Bikin Motor Kelihatan Macho, Amankah Modif Pasang Ban Pacul di Motor Harian yang Tiap Hari di Aspal?

Kendati demikian, Endro mengungkapkan penggunaan pelek jari-jari memiliki kekurangan yaitu tidak bisa menggunakan ban tubeless.

"Harus pakai ban dalam, prinsipnya pada ban motor trail menggunakan rim lock, jadi saat digunakan meski kempis tidak mengganggu ban dalamnya," pungkasnya.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa