Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 Austria 2022

Melanggar Track Limit, Sergio Perez Akan Start ke-13 di Sprint Race F1 Austria 2022

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 9 Juli 2022 | 15:00 WIB
Lap time Sergio Perez dibatalkan pada kualifikasi F1 Austria 2022
Twitter.com/redbullracing
Lap time Sergio Perez dibatalkan pada kualifikasi F1 Austria 2022

GridOto.com - Sempat mengakhiri sesi kualifikasi di posisi keempat, Sergio Perez dipastikan akan start dari posisi ke-13 saat sprint race F1 Austria 2022, Sabtu (9/7/2022).

Hal itu karena lap time yang dicatatkan Sergio Perez sepanjang Q3 dan pada akhir Q2 telah dibatalkan oleh stewards.

Saat memasuki akhir Q2, Sergio Perez dicurigai melaju melebar dan melanggar aturan track limit di tikungan delapan Red Bull Ring.

Awalnya Stewards masih belum yakin dengan kasus pembalap Red Bull Racing ini, jadi mereka tak bisa langsung memberikan keputusan usai lap terakhir.

Stewards pun melakukan investigasi dan membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sehingga Perez untuk sementara masih dinyatakan berhak mengikuti Q3.

Hasilnya baru bisa keluar beberapa saat setelah Q3 berakhir, setelah Perez mengakhiri sesi di posisi keempat.

"Perez keluar dari trek di tikungan delapan pada lap terakhir Q2, tepat sebelum sesi berakhir. Karena masih belum teridentifikasi sampai awal Q3, lapnya belum dihapus dan Perez memulai Q3," tertulis dalam statement resmi FIA stewards, dilansir GridOto.com dari Planet F1.

Saat perhelatan F1 Austria 2022 ini, FIA memang memberikan beberapa aturan ketat soal track limit Red Bull Ring.

Stewards pun beralasan, banyaknya kasus track limit sepanjang sesi kualifikasi menjadi alasan terhambatnya keputusan soal Perez.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi F1 Austria 2022 - Max Verstappen Raih Pole Position, Lewis Hamilton Crash Langsung Disorakin Orange Army

"Ini konsekuensi adanya banyak situasi dinilai di tiap sesinya. Videonya jelas dan tidak ada keraguan soal pelanggarannya, tim juga sudah mengakuinya," jelasnya.

"Tim sempat beralasan tidak mengambil keuntungan saat keluar trek dan membawa datanya. Tapi, stewards menegaskan kasusnya bukan soal ada tidaknya keuntungan, tapi adalah keluar dari trek tanpa alasan penting, itu adalah aturan yang sama di sesi kualifikasi sebelumnya," lanjutnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa