Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Disepelekan, Ini Bahaya Kebiasaan Meletakkan Jari di Tuas Rem Saat Riding

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 6 Juli 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi menekan rem saat riding
Rangga/Otomotifnet
Ilustrasi menekan rem saat riding

GridOto.com - Mengendarai motor bukan hanya sekadar mahir saja, melainkan juga dibutuhkan cara berkendara yang benar agar aman selama di perjalanan.

Namun, masih banyak dijumpai pengendara motor yang punya kebiasaan jari selalu menempel di tuas rem saat riding.

Instruktur Safety Riding & Driving GDDC (Global Defensive Driving Consulting), Andry Berlianto, pun menyarankan kebiasaan tersebut harus mulai ditinggalkan.

Sebab kebiasaan ini akan berisiko bagi pengendara, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

"Jari standby (bersiap) di tuas rem depan sebaiknya tidak perlu dilakukan, meskipun dengan alasan berjaga-jaga. Kenapa? Karena tingkat sensitivitas rem depan begitu tinggi," ujar Andry kepada GridOto.com, Rabu (06/07/2022).

Pasalnya saat menghadapi situasi yang berbahaya, jari akan spontan menekan tuas rem yang sudah dipegang sehingga roda bisa berpotensi terkunci atau slip.

Selain itu, kebiasaan menaruh jari di tuas rem saat riding juga membuat pengendara tanpa sadar menekan tuas rem meskipun hanya sedikit.

"Ini akan membuat rem bekerja tipis-tipis, yang tentu mengurangi masa pakainya sehingga jadi lebih cepat," sambungnya.

Ilustrasi berkendara aman dalam keadaan puasa
Istimewa
Ilustrasi berkendara aman dalam keadaan puasa

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Kurangi Tekanan Angin Ban Motor Saat Hujan Benarkah Bisa Bikin Riding Lebih Aman?

Oleh karena itu, Andry mengungkapkan ada hal yang harus diperhatikan sobat agar bisa meninggalkan kebiasaan menaruh jari di tuas rem.

"Antisipasinya, lakukan pandangan jauh ke depan dan ekstra waspada lalu baru meraih tuas rem depan jika memang diperlukan, lepas kembali dari tuas rem dan genggam kembali grip gas secara penuh," ucap Andry.

Kemudian berkendara sesuai batas kecepatan yang berlaku, dan terapkan jarak pandangan sejauh mata memandang agar bisa melihat potensi bahaya.

"Rem adalah aktivitas yang direncanakan dan idealnya tidak dilakukan secara tiba-tiba. Jika terjebak dalam kondisi tersebut, kemungkinan pengendara lengah dan tidak menerapkan konsep berkendara antisipatif atau defensive riding," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa