Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Holiday Fun Drive 2022

Tempuh Jarak 606 Km Rute Jakarta-Boyolali, Segini Biaya BBM Daihatsu Rocky 1.0 Turbo

Wisnu Andebar - Minggu, 1 Mei 2022 | 13:05 WIB
Daihatsu Rocky tiba di Boyolali
Wisnu/GridOto.com
Daihatsu Rocky tiba di Boyolali

GridOto.com - Daihatsu Rocky tipe 1.0 R ASA CVT menjadi teman perjalanan saya dalam acara Holiday Fun Drive (HFD) 2022, yang diselenggarakan oleh OTOMOTIF Group mulai 28 April hingga 8 Mei 2022.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 jam, akhirnya saya tiba di kampung halaman di Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat (29/4/2022).

Berdasarkan trip meter mobil yang sebelumnya telah direset, secara total Daihatsu Rocky yang saya kendarai menempuh 606 kilometer untuk rute Jakarta-Boyolali via Tol Trans Jawa.

Adapun konsumsi BBM rata-rata Daihatsu Rocky hingga tiba di Boyolali menunjukkan 13,4 km/l.

BBM rata-rata Daihatsu Rocky 1.0 turbo menunjukkan 13,4 km/l
Wisnu/GridOto.com
BBM rata-rata Daihatsu Rocky 1.0 turbo menunjukkan 13,4 km/l

Lantas, berapa biaya BBM yang dihabiskan Daihatsu Rocky sejauh 606 km?

Cara hitungnya adalah Jarak tempuh dibagi BBM rata-rata lalu dikalikan harga Pertamax, yaitu: (606 km : 13,4 km/l) x Rp 12.500 = Rp 565.298.

Oiya, hasil BBM rata-rata tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor dan dapat berubah menyesuaikan kondisi lalu lintas, gaya berkendara, beban penumpang, dan lainnya.

Kondisi lalu lintas selama arus mudik Lebaran yang saya alami yaitu sempat tersendat di Tol Jakarta Cikampek sebelum KM 47.

Namun, kondisi cenderung lancar setelah melewati Tol Cikampek KM 47 lantaran pihak kepolisian menerapkan sistem one way.

Baca Juga: Muatan Penuh, Akselerasi Daihatsu Rocky Tetap Enteng di Tanjakan Tol Semarang-Solo

Kemudian untuk muatan bisa dibilang Daihatsu Rocky yang saya kendarai cukup penuh, dengan total lima penumpang meliputi kedua orang tua, istri dan adik.

Belum lagi ditambah barang bawaan kami yang menumpuk di bagasi belakang dengan total dua koper dan tiga tas besar.

Untuk gaya berkendara saya lebih menerapkan eco driving selama perjalanan, yakni tidak melakukan akselerasi secara tiba-tiba serta menjaga kecepatan konstan.

Kecepatan tertinggi saya capai antara 80-100 km/jam saja, untuk menjaga kenyamanan keluarga di dalam kabin.

Adapun untuk dapur pacunya, Daihatsu Rocky yang saya kendarai dibekali mesin 1.000 cc 3 silinder turbocharger dengan tipe mesin 1KR-VET.

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 dk dan torsi puncak 147 Nm.

Sebagai informasi, HFD merupakan kegiatan libur Lebaran otomotif terbesar dengan jumlah peserta terbanyak yang dibuat oleh media, mencapai 18 wartawan mewakili OTOMOTIF Group.

Sempat vakum akibat pandemi Covid-19, HFD 2022 akan menyajikan informasi sepanjang perjalanan mudik, mulai kondisi arus lalu lintas, bengkel siaga, tempat wisata, dan lainnya.

Nah, untuk mengikuti perjalanan Daihatsu Rocky yang saya kendarai, pantau terus GridOto.com, serta media sosial Facebook dan Instagram GridOto dengan tagar #HolidayFunDrive2022 dan #HFD2022.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa