Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebelum Mudik Pahami Bahaya Highway Hypnosis Saat Mengemudi, Begini Cara Mencegahnya

Wisnu Andebar - Rabu, 6 April 2022 | 10:35 WIB
Ilustrasi mengemudi di Tol Trans-Jawa
Naufal/GridOto.com
Ilustrasi mengemudi di Tol Trans-Jawa

GridOto.com - Pemerintah memastikan kalau masyarakat diperbolehkan mudik pada perayaan Lebaran 1443 H.

Namun, sebelum berangkat mudik pahami dulu highway hypnosis atau berkurangnya konsentrasi tanpa sadar saat mengemudi jarak jauh seperti di jalan tol.

Dalam kondisi ini, biasanya pikiran pengemudi teralihkan sesaat, yang bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan fatal.

Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 mengatakan, profil jalan bebas hambatan atau tol hampir selalu lurus, monoton, dan pemandangannya tidak ada yang menarik.

"Kondisi tersebut berpotensi membuat pengemudi seperti hilang kesadaran akibat dihipnotis. Highway hypnosis bisa dialami siapa saja meskipun sudah cukup tidur atau istirahat lantaran tercipta akibat lingkungan berkendara yang membosankan," kata Nur Imansyah dalam keterangan resminya belum lama ini.

Menurutnya, highway hypnosis dapat dihindari dengan beberapa cara, salah satunya adalah tetap fokus dan tidak terlalu banyak memikirkan hal di luar mengemudi mobil.

"Ingat, berdasarkan perhitungan aritmetika, pikiran yang teralihkan selama dua detik pada kecepatan 80 km/jam bisa membuat kehilangan kendali mobil sejauh lebih dari 44 meter,  sudah cukup untuk memicu kecelakaan fatal seperti menabrak pembatas jalan atau bagian belakang mobil lain," bebernya.

Langkah pencegahan berikutnya adalah dengan mengatur posisi duduk senyaman mungkin, namun tetap mengutamakan keselamatan dengan memakai sabuk pengaman.

Pengemudi juga dapat senam ringan untuk mengurangi kelelahan dan tidak cepat bosan, bisa dengan menggerakkan leher ke kiri dan kanan serta atas dan bawah, termasuk tangan dan badan supaya tidak kaku dan tetap rileks.  

Baca Juga: Minta Pemudik Vaksin Booster Dulu, Begini Strategi Korlantas Lancarkan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 

Kemudian, mendengarkan musik kesukaan disebutkan juga dapat menjaga konsentrasi dan membuat tubuh lebih nyaman saat mengemudi mobil.

Namun, atur volume musik jangan terlalu keras agar tetap dapat mendengarkan suara dari lingkungan sekitar mobil untuk mengantisipasi keadaan. 

Lebih lanjut Nur Imansyah mengungkapkan, supaya tidak cepat bosan, sempatkan menengok kondisi di belakang mobil melalui spion tengah dan samping, yang juga berguna untuk memantau kondisi jalan di belakang. 

"Jangan paksakan mengemudi, segera istirahat di rest area kalau telah berkendara selama maksimal tiga jam untuk mengurangi badan letih dan rasa bosan," ujarnya.

Ia menambahkan, pastikan juga kondisi mobil dalam keadaan prima dengan melakukan servis rutin tiap enam bulan.

"Dengan begitu, pikiran tetap tenang tanpa mengkhawatirkan kondisi mobil," tutupnya. 

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa