Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Asal Pencet Bikin Emosi Orang Lain, Begini Etika Membunyikan Klakson di Jalan Raya

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 10 Maret 2022 | 18:40 WIB
Ilustrasi pengemudi memencet klakson
Aries Aditya
Ilustrasi pengemudi memencet klakson

GridOto.com - Jangan sampai bikin pengendara lain kesal, membunyikan klakson di jalan raya ada etika yang harus dipahami yaitu friendly tap.

Ketika sedang berkendara, tidak jarang kita bertemu pengendara yang membunyikan klakson panjang dengan tujuan meminta jalan.

Hal tersebut tentunya membuat pengendara lain akan merasa terganggu, bahkan bisa berujung emosi seperti adu mulut hingga kontak fisik.

Terkait membunyikan klakson ini, bagaimana etika agar tidak mengganggu pengendara lain?

Menurut Andry Berlianto, Instruktur Safety Driving GDDC (Global Defensive Driving Consulting), membunyikan klakson ada etikanya yang disebut dengan friendly tap.

"Boleh saja membunyikan klakson asal dibunyikan dalam kondisi suara yang bersahabat seperti dua ketukan singkat (tin-tin) atau friendly tap," ujar Andry kepada GridOto.com, Kamis (10/03/2022).

Selain itu, Andry mengimbau para pengendara untuk membunyikan klakson pada waktu yang tepat.

Seperti untuk memberi kode kendaraan yang berada di sekitar dan bukan digunakan untuk meminta jalan.

"Dilarang membunyikan klakson untuk meminta jalan atau memerintahkan kendaraan lain untuk minggir karena dapat memicu konflik di jalan raya," ucap Andry.

Baca Juga: Jangan Jadi Pengendara Egois, Asal Nyalip di Persimpangan Jalan Risikonya Nyawa, Perhatikan Hal Ini Biar Enggak Celaka

Terakhir, hindari membunyikan klakson saat berada rambu dilarang klakson seperti di ruas jalan yang ada di rumah ibadah dan perumahan.

Jadi jangan seenaknya membunyikan klakson saat berada di jalan raya ya sob, harus memperhatikan etikanya agar tidak mengganggu pengendara lain.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa