Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Identik dengan Hari Raya Imlek, Ini Alasan Warna Merah di Kendaraan Terasa Spesial, Karena Lebih Mahal dari Warna Cat Lainnya

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 1 Februari 2022 | 19:45 WIB
Resmi jadi distributor eksluksif Ferrari di Indonesia, Eurokars langsung boyong SF90 Stradale dan Ferrari Roma
Pradana/GridOto.com
Resmi jadi distributor eksluksif Ferrari di Indonesia, Eurokars langsung boyong SF90 Stradale dan Ferrari Roma

GridOto.com - Bagi sobat yang merayakan Hari Raya Imlek 2022, pasti banyak menemukan warna merah di sepanjang tahun baru Cina ini.

Mulai dari lampion hingga 'angpao' yang umumnya berisi uang yang diberikan untuk sanak saudara, mayoritas berwarna merah.

Melansir Chase.com, warna merah dalam budaya Tiongkok dianggap spesial karena melambangkan matahari, api, semangat dan kehidupan.

Tapi tidak hanya di budaya Tiongkok, warna merah juga bisa dibilang cukup spesial kalau kita bicara soal cat kendaraan.

Karena dibandingkan warna-warna lainnya, cat kendaraan berwarna merah umumnya lebih mahal ketimbang warna-warna lainnya.

"Cat itu butuh pigmen warna sebagai salah satu bahan bakunya, dan pigmen merah itu umumnya lebih mahal ketimbang pigmen lainnya," ujar Daniel Widya Sukma, Owner bengkel spesialis detailing dan cat motor RPG Motocare kepada Gridoto.com, Selasa (1/2/2022).

"Itu sebabnya harga cat kendaraan berwarna merah jadi lebih mahal, dan kenapa biaya pengecatan kendaraan dengan warna merah juga jadi lebih mahal," tambahnya.

Hal tersebut berlaku tidak hanya untuk warna merah murni saja, tapi warna apapun yang mengandung campuran warna merah juga.

Namun, Daniel mengatakan bawah harga bahan baku yang lebih mahal bukan satu-satunya alasan mengecat kendaraan dengan warna merah butuh biaya yang lebih tinggi.

Baca Juga: Sobat Perlu Tahu! Empat Warna Ini Membuat Mobil Bekas Harga Jualnya Lebih Mahal

Selain harga bahan baku yang lebih mahal, proses pengecatan kendaraan menggunakan warna merah juga harus lebih teliti ketimbang warna lainnya.

"Harus lebih teliti dan hati-hati, karena kalau ada titik yang tidak pengerjaannya kurang sempurna misalnya karena ada debu yang menempel di bodi yang sedang dicat, 'menyelamatkannya' itu sulit," ujar Daniel.

"Cat dasar atau primer nya juga harus disemprot ulang, kalau langsung ditimpa merah saja pasti akan terlihat belang," lanjut pemilik Yamaha Scorpio 225 generasi pertama itu.

Makanya enggak heran kalau mengecat ulang kendaraan dengan warna merah, bisa mengeluarkan bugdet lebih mahal ketimbang dengan warna lainnya.

"Misalnya biaya pengecatan skutik kecil dengan warna putih atau hitam solid itu Rp 600 ribuan, untuk warna merah itu bisa Rp 800 ribuan," tutupnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rider Pride's Grooming (@rpg_motocare)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa