Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Roof Box Lebih Safety Ketimbang Pakai Terpal, Begini Alasannya

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Senin, 10 Januari 2022 | 14:05 WIB
Ilustrasi roof box
Instagram/_hodophilic_8228_
Ilustrasi roof box

GridOto.com - Alih-alih menggunakan terpal, pemasangan roof box bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan yang hendak bepergian jauh dengan barang bawaan yang banyak.

Selain menambah ruang penyimpanan, roof box juga memiliki manfaat tersendiri dari sisi keselamatan dan keamanan berkendara.

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, keuntungan dari pemasangan roof box tidak lain untuk penempatan barang bawaan tidak menjadi satu di kabin bersama penumpang.

"Jelas kalau dari sisi safety penempatan barang bersama penumpang di dalam kabin memiliki risiko tersendiri, apalagi kalau barangnya benda padat," ujar Jusri saat dihubungi GridOto.com, Senin (10/1/2022).

Alasannya, apabila terjadi kecelakaan barang-barang tersebut dapat memperparah cedera penumpang.

Selain itu juga berpotensi menganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang saat di perjalanan.

Apalagi jika diikat di atas mobil menggunakan terpal, jelas akan membahayakan karena barang bisa terlepas dan tentu itu tidak aman.

"Dengan adanya roof box, pengemudi dan penumpang bisa lebih nyaman dalam melanjutkan perjalanan dan tidak terganggu dengan barang bawaan tersebut," katanya.

Namun perlu diperhatikan, pemasangan roof box juga harus melihat dimensi mobil dan sesuai dengan prosedur instalasinya.

Baca Juga: Ramai Pasang Roof Box Bisa Ditilang. Dirlantas Polda Metro Jaya: Tidak Ditilang, Selama..

Lalu gunakan juga dudukan atau braket yang asli dan terjamin kualitasnya, supaya roof box kokoh dan tidak terlepas sewaktu-waktu.

"Terpenting, kalau menggunakan roof box, cara mengemudinya juga harus disesuaikan dengan lebih berhati-hati dan harus sesuai dengan kondisi ketika memasang roof box," tandasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa