Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Masalah Setang Vespa Matic Tidak Stabil, Bagian Ini Perlu Dicek, Biaya Perbaikan Bisa Tembus Jutaan Rupiah

Harun Rasyid - Sabtu, 25 Desember 2021 | 18:05 WIB
Ilustrasi Vespa Sprint
Aziz
Ilustrasi Vespa Sprint

GridOto.com - Vespa matic masuk dalam line up skuter matik premium, yang mana suspensi depannya masih menggunakan model lengan tunggal dengan pegas helikal yang diredam oleh sokbreker tunggal.

Dengan suspensi depan jenis tersebut, calon pembeli Vespa matic bekas ada baiknya memperhatikan kondisi beberapa bagian di kaki-kaki depannya.

Menurut Amos Ivan, Owner showroom dan bengkel spesialis Vescooter, kaki-kaki depan yang bermasalah akan membuat setangnya terasa tidak stabil.

"Vespa matic kalau setangnya ngebuang, ada beberapa indikasi dan bukan cuma akibat rusaknya komstir saja," ujar pemilik bengkel spesialis Vespa matic di Depok, Jawa Barat ini kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Jadi bisa dari rusaknya swing arm atau lengan ayun yang membuat posisi ban dan setang tidak searah, atau bisa juga dari fork yang sudah enggak center (sesuai posisinya)," lanjutnya.

Selain itu, masalah setang Vespa matic yang tidak stabil juga bisa disebabkan oleh faktor teknis lainnya.

"Kadang ada juga kabel di dalam glove box yang nyangkut di setang bagian atas akibat kesalahan saat servis dan membuat setang terasa berat saat berkendara. Selain itu ban depan yang botak juga bisa jadi penyebabnya," kata Ivan.

"Sebab biasanya ban depan Vespa ini habisnya enggak rata atau cuma setengah bagian kiri. Ini karena fork Vespa matic cuma satu di kiri saja, sehingga membuat ban depan kirinya lebih terbebani dibanding yang kanan," lanjutnya.

Penyebab lainnya menurut Ivan, bisa juga berasal dari bodi depan yang bermasalah.

Baca Juga: Vespa GTS Super 150 Jangan Asal Dimodif Begini, Efeknya Mesin Mudah Mati, Ganti Blok dan Radiator Juga Gak Sembuh

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa