Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bolehkah Pasang Camper Trailer di Mobil Pribadi? Begini Penjelasan Polisi

Wisnu Andebar - Jumat, 10 Desember 2021 | 11:05 WIB
Ilustrasi camping trailer
Samarauke
Ilustrasi camping trailer

GridOto.com - Camping menggunakan mobil atau campervan kini sedang menjadi tren sebagai pilihan berwisata dan berlibur bersama keluarga.

Untuk menunjang kegiatan camping, para pencinta traveling ada yang melengkapi kendaraannya dengan camper trailer atau semacam kendaraan gandeng yang dipasang di mobil.

Camper trailer sendiri biasanya berisikan fasilitas lengkap mulai dapur, tempat tidur, penampungan air, dan peralatan pendukung lainnya.

Perjalanan menggunakan camper trailer terbilang masih langka di Indonesia, namun sudah cukup populer di luar negeri seperti Amerika Serikat dan Australia.

Lantas, bagaimana soal aturan memasang camper trailer pada mobil pribadi atau mobil penumpang di Indonesia?

Menanggapi hal ini, Kepala Seksi Pelanggaran (Kasi Gar) Subdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sriyanto memberikan penjelasannya.

"Gandeng untuk sementara dalam artian dapat dilepas dan tidak tetap maka diperbolehkan, selama itu tidak membahayakan keselamatan jiwa penumpang dan pengendara lain," ujar Sriyanto kepada GridOto.com, Kamis (9/12/2021)

Ia menjelaskan, penempelan pada kendaraan bermotor atau anhang gendong adalah aksesori yang berfungsi untuk mengangkut sepeda atau motor yang dipasang pada bagian belakang mobil, baik yang menempel pada mobil atau dilengkapi roda tambahan.

Baca Juga: Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Camping di Musim Hujan, Jangan Sepelekan Pemilihan Tempat

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa