Desain Kerb Berubah, Bakal Banyak Insiden Ban Pecah Lagi di F1 Abu Dhabi?

Uje - Kamis, 9 Desember 2021 | 16:31 WIB
Desain kerb baru Sirkuit Yas Marina
@motorsportcomtr
Desain kerb baru Sirkuit Yas Marina

GridOto.com Desain kerb Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi diberitakan berubah menjelang seri penutup F1 2021 pada Minggu, 12 Desember nanti.

Seperti diunggah oleh akun @naturalparadigm terlihat desain kerb yang berubah di Sirkuit Marina tepatnya di tikungan 2-3.

Desain kerb ini terlihat seperti bergerigi dan sekilas tampak tajam dan berbentuk seperti piramida pada sisi luarnya, berbeda dengan desain kerb pada umumnya yang terlihat landai dan tidak tajam.

Sebagai catatan, kerb model ini juga digunakan di Sirkuit Losail, Qatar yang menggelar seri F1 pada 19-21 November lalu.

Pada seri tersebut tercatat empat pembalap yakni Valtteri Bottas, Lando Norris, George Russell serta Nicholas Latifi mengalami insiden pecah ban jelang akhir balapan yang disinyalir akibat terlalu banyak menginjak area kerb di Sirkuit Losail.

Saat itu bos Pirelli Motorsport, Mario Isola menyalahkan desain kerb Sirkuit Losail sebagai penyebab utama para pembalap mengalami insiden pecah ban.

"Beberapa pembalap memilih strategi berbeda untuk finis, itu mungkin karena kombinasi antara pemakaian yang tinggi dengan jarak yang panjang serta dampak melaju dalam kecepatan tinggi di atas beberapa kerb yang agresif," ungkap bos Pirelli Motorsport, Mario Isola, dilansir GridOto.com dari F1i.

Baca Juga: Baru Sepekan Teken Kontrak, Mercedes Langsung Pisah dengan Sponsor Barunya Gara-gara Banyak Kecaman

Sirkuit Yas Marina sendiri memiliki layout baru pada akhir pekan ini dan disinyalir akan membuat ban jadi lebih mudah stres.

 

Layout baru Yas Marina
F1
Layout baru Yas Marina

Hal ini terlihat setelah revisi tikungan di mana tikungan 9 yang kini memiliki karakter high speed setelah sebelumnya merupakan area chicane.

Belum lagi para pembalap akan melakukan hard braking di tikungan 6 di mana terdapat area speed trap.


Editor : Fendi
Sumber : f1i.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa